MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mantap! Bupati Blora Masuk Nominasi Penerima Tanda Kehormatan dari Presiden

0 59

MURIANEWS.com, BloraBupati Blora Djoko Nugroho pada tahun ini masuk nominasi penerima tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari Presiden Republik Indonesia. Masuknya Djoko sebagai nominator karena dinilai berhasil melaksanakan program KB dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Tim penilai tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan Bidang KKBPK dari pusat sudah datang ke Blora untuk melakukan peninjauan lapangan. Kedatangan tim beranggotakan tujuh orang yang dipimpin Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Laksma TNI Imam Suprayitno diterima langsung oleh Bupati Djoko Nugroho di pendapa rumah dinas.

Setelah mengucapkan selamat datang pada tim penilai, Djoko memaparkan beberapa capaian program pembangunan bidang KKBP. Ia menyampaikan, untuk pelaksanaan KB sendiri di Blora telah naik signifikan melalui program Kampung KB yang terus terbentuk di desa-desa se-Kabupaten Blora. Berawal dari percontohan satu desa per kecamatan, kini sudah 50 persen dari jumlah desa se-Kabupaten Blora telah memiliki Kampung KB sendiri-sendiri.

“Dalam Kampung KB ini, angka masyarakat yang telah mengikuti KB sudah tinggi. Target kita tahun depan semua desa di Kabupaten Blora sudah punya Kampung KB semuanya. Sampai akhir 2018 kemarin prosentase warga yang ikut KB sudah mencapai 78,92 persen,” kata Djoko.

Tidak hanya kampung KB saja, untuk menekan angka pernikahan dini, saat ini Kabupaten Blora juga sedang gencar membentuk PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) di desa-desa. Tujuannya agar para remaja tidak salah pergaulan dan tidak menikah dini. Seperti PIK-R di Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken yang memiliki slogan “Isih Bocah, Ojo Gawe Bocah”.

Selain itu, Blora dalam beberapa tahun terakhir juga melaksanakan pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat. Kemudian di bidang Kependudukan, Blora juga sukses melaksanakan inovasi berupa program Selintas. Kepanjangan dari Sehari Persalinan Akta Tuntas.

“Posyandu kita, Posyandu Margo Makmur I Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken tahun lalu juga telah meraih predikat pelaksana terbaik tingkat Nasional. Kemudian tahun ini Blora juga menjadi yang terbaik pelaksana Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) tingkat Jawa Tengah yang diwakili oleh Desa Gotputuk Kecamatan Ngawen, dan nanti akan maju ke Nasional,” terangnya.

Setelah mendengarkan paparan Bupati, Laksma TNI Imam Suprayitno menyampaikan apresiasinya atas seluruh capaian yang telah diraih Kabupaten Blora. “Dari apa yang disampaikan Bapak Bupati tadi, memang semua capaiannya sudah di atas rata-rata nasional. Dengan begini kita bisa tahu langsung kondisi yang ada di lapangan. Kami datang ke Blora memang untuk mencocokkan kebenaran data yang telah dikirim ke pusat. Oleh sebab itu, setelah paparan ini kami akan meninjau langsung ke masyarakat,” ungkapnya.

Usai penerimaan dan paparan di pendapa Rumah Dinas Bupati, tim beserta rombongan bertolak ke Posyandu Margo Makmur I Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken dan Puskesmas Jiken untuk meninjau langsung pelaksanaan pembangunan bidang KKBPK.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.