Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasarkan Produk Lokal, Dinas Pertanian dan Pangan Kudus Gelar Festival Hasil Tani

0 132

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus terus berupaya mengenalkan produk-produk unggulan petani maupun peternak di Kota Kretek. Salah satunya dengan menggelar Festival Hasil Tani di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan, Jumat, (3/5/2019) pagi.

Kepala DPP Kabupaten Kudus Catur Sulistianto menjelaskan, festival digelar dengan tujuan mempertemukan para petani maupun peternak binaan dengan para pembeli. Harapannya, bisa membuka pasar untuk petani.

“Kami selaku dinas ingin petani di Kudus bisa lebih sejahtera. Pasar terbuka dan bisa melakukan jual beli dengan maksimal,” ucap  Catur.

Menurutnya, hasil pertanian maupun pertenakan di Kudus sudah sangat siap untuk dipasarkan. Kualitasnya pun sudah mumpuni untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat di Kudus. Jika tidak segera diperkenalkan ke publik akan sangat disayangkan.

“Karena iniah kami selenggarakan acara ini, masyarakat supaya bisa tahu,” tambahnya.

Ia menegaskan festival hasil tani ini memang baru pertama kali ini digelar. Namun, animo masyarakat untuk membeli sudah sangat tinggi. Terbukti, dari 13 stan yang terdiri dari berbagai bahan pangan, seperti telur, beras, daging, ikan,dan komoditas sembako lainnya pun ludes tak kurang dari 1 jam setelah dibuka.

“Antusias kami lihat sangat tinggi,” lanjutnya.

Bupati Kudus HM Tamzil saat mencicipi olahan kalkun milik peternak kalkun dibawah naungan DPP Kudus (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Oleh karena itu, pihaknya berencana menambah stan supaya bisa dimanfaatkan petani maupun peternak lain. Baik dari Kudus maupun luar Kudus.

“Petani luar Kudus hanya tambahan saja, kami prioritaskan produk lokal, mengingat jumlah petani binaan kami capai ratusan,” ucapnya.

Ia menambahkan, gelaran festival akan digelar selama enam kali. Penyelenggaraan akan dilaksanakan tiap bulan dan akan berakhir pada 20 Desember 2019 mendatang. Pengumuman sebelum acara akan disebarluaskan selambat-lambatnya satu hari sebelum festival digelar.

“Jadi masyarakat bisa datang dan meramaikan,” tandasnya.

Sementara Bupati Kudus HM Tamzil mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun berharap Festival Hasil Tani bisa dijadikan embrio Pasar Agro Kudus. Sekalipun masih lama, Tamzil berharap kegiatan tersebut rutin digelar.

“Kegiatan seperti ini harus dikembangkan,” ucapnya.

Selain embrio untuk Pasar Agro, Festival Hasil Tani Kabupaten Kudus dideskripsikan Tamzil sebagai ‘etalase’ dari produk para petani dan peternak di Kabupaten Kudus. Dengan tujuan menarik minat perusahaan swasta dan memasarkan produk lokal menuju kancah nasional.

“PR untuk dinas adalah bagaimana kedepannya bisa menarik pihak swasta untuk membeli roduk pertanian Kudus ,” tandas Tamzil.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.