Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Ada Hujan, Desa di Pati Ini Tetap Terendam Banjir

0 366

MURIANEWS.com, Pati – Beberapa desa di Kabupaten Pati masih terendam banjir. Salah satunya Desa Gempolsari, Kecamatan Gabus yang terendam rata-rata 20 sentimeter. Meski rumah terendam air, warga memilih tak mengungsi. Mereka masih bertahan di dalam rumah.

Parni, warga Desa Gempolsari mengatakan, banjir di desanya terjadi sejak Rabu (1/5/2019) pukul 14.00 WIB. Bajir itu tiba-tiba datang dari arah selatan. Padahal tidak ada hujan di sana.

Sebelumnya bajir sempat merendam rumahnya setinggi 90 sentimeter. Ia pun harus mengangkat barang-barang di lokasi lebih tinggi.

“Airnya sepinggang. Tapi ini sudah surut 60-70 sentimeter. Saya tidak bisa berisitirahat. Bahkan ini belum makan bisa masak. Semuanya serba susah untuk beraktivitas,” katanya, Jumat (3/5/2019).

Dia mengaku, banjir yang terjadi pada tahun ini tergolong parah. Padahal sebelumnya tidak ada banjir yang setinggi tahun ini. Sampai saat ini, pihaknya bersama dengan keluarga masih bertahan untuk berjaga-jaga mengantisipasi banjir susulan.

Sementara itu, Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, selain di Desa Gempolsari, banjir juga merendam beberapa rumah di desa lain di Kecamatan Gabus. Seperti di Desa Banjarsari dan Desa Sunggingwarno.

“Banjir itu kiriman air dari Pegunungan Kendeng yang mengalir ke sungai-sungai hilir. Karena sungai tak dapat menampung derasnya air, sehingga air melimpas ke pemukiman warga. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.