Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PMI Kudus Pastikan Layanan Blood-Jek Sesuai Prosedur

MURIANEWS.com, Kudus – Layanan blood-jek atau layanan antar darah yang dikeluarkan PMI Kudus dipastikan tetap sesuai prosedur yang ada. Pihak PMI akan tetap melibatkan pihak rumah sakit sebagai penerima darah. Tujuannya agar darah tidak jatuh ke tangan yang salah dan disalahgunakan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PMI Kudus, Rina Budi Ariyani. Menurutnya, meski ada layanan blood-jek yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan darah, namun prosedur penerimaan harus tetap dilaksanakan.

“Kami tidak ingin darah jatuh ke orang yang salah,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini penerapan blood-jek akan diluncurkan sesegera mungkin. Motor pengangkut darah pun terus dipersiapkan. Terlebih lagi layanan tersebut diciptakan untuk meringankan masyarakat yang membutuhkan darah sesegera mungkin.

“Segera kami efektifkan layanan tersebut,” ucapnya.

Terkait teknis, pasien atau rumah sakit yang membutuhkan darah segera bisa menelfon nomor layanan PMI. Darah kemudian diantarkan petugas khusus menggunakan sepeda motor.

“Motor dianggap mampu menembus kepadatan kota lebih cepat,” terangnya.

Lima petugas disiapkan untuk mengantar jika sewaktu-waktu darah dibutuhkan. Termos khusus juga disediakan untuk menjaga darah tetap aman dan tidak rusak.

“Kami tetap menjaga kualitas darah terjaga,” ujarnya.

Selain penyiapan kendaraan blood-jek, upaya pengupayaan ketersediaan stok darah juga terus dilakukan. Pemenuhan dilakukan dengan cara menggandeng pihak-pihak swasta maupun Pemkab untuk menggelar acara donor darah.

“Kami terus upayakan pemenuhan stok darah dari berbagai jenis,” lanjutnya.

Pembukaan donor darah pada bulan Ramadan juga akan dilakukan. Sesuai rencana, layanan donor darah PMI akan dibuka pasca salat Tarawih.

“Masyarakat yang masih ingin mendonorkan daah selama bulan puasa bisa datang ke PMI kudus setelah salat Tarawih,” tandas Rina.

Ditemui terpisah, Bupati Kudus HM Tamzil menyatakan siap mendukung sepenuhnya program yang diadakan PMI. Pihaknya juga siap mensinergikan dan mensosialisasikan program PMI di jejaring pemerintahan Kabupaten Kudus.

“Entah itu, Bulan Dana PMI, Blood-jek, dan program-program lain akan kami dukung” tandas Tamzil.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...