Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara Targetkan Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Hanya 2 Hari

MURIANEWS.com, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menargetkan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu 2019 tingkat kabupaten bisa tuntas selama dua hari. Rencananya, rapat pleno rekapitulasi sekaligus penetapan hasil akan dilaksanakan pada 3-4 Mei 2019 di lantai 2 Hotel Jepara Indah.

KPU Jepara menyatakan, para peserta pemilu sudah menyatakan siap mengikuti tahapan tersebut. Para peserta pemilu sebagian sudah menyerahkan surat mandat untuk para saksi yang akan menjadi peserta rapat pleno itu.

Tiap peserta pemilu bisa memberikan mandat maksimal empat orang, namun yang boleh masuk di arena rapat pleno hanya dua orang.

“Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 4/2019, partai politik atau tim kampanye pasangan calon, atau tim kampanye anggota DPD hanya bisa memandatkan empat nama, dan yang bisa masuk ke arena rapat pleno dua orang. Jadi bisa bergantian,” kata Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri dalam rapat koordinasi persiapan rekapitulasi tingkat kabupaten di aula KPU Jepara, Kamis (2/5/2019).

Rapat pleno tingkat kabupaten siap digelar setelah 16 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menuntaskan rekapitulasi tingkat kecamatan. Secara umum, rekapitulasi di tingkat kecamatan berjalan lancar. Ada yang selesai lima hari, dan ada yang sampai tujuh hari.

Sementara itu, Komisioner KPU Jepara Muhammadun, menyatakan, rekapitulasi tingkat kabupaten, akan dibuka pada Jumat (3/5/2019) pukul 09.00 WIB. Dilanjutkan proses rekapitulasi mulai pukul 13.00 WIB.

Proses rekapitulasi, akan dimulai dari daerah pemilihan 1 (Kecamatan Kedung, Jepara, Karimunjawa, Tahunan), lalu daerah pemilihan 2 (Mlonggo, Bangsri, Pakisaji). Lalu disambung dapil 3 (Keling, Kembang, dan Donorojo), dan dapil 4 (Welahan, Mayong, dan Nalumsari).

“Daerah pemilihan 5 akan diproeses di bagian akhir, dimulai dari Kecamatan Pecangaan, Batealit, dan terakhir Kecamatan Kalinyamatan. Begitu rencana yang sudah ditetapkan bersama,” terangnya.

Di lokasi kegiatan rekapitulasi, Hotel Jepara Indah, KPU juga akan menyediakan layar lebar. Ini dilakukan untuk melayani masyarakat, instansi, maupun pemantau pemilu yang hendak menyaksikan proses rekapitulasi tersebut.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...