Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekda Jepara Ingin Posisi Strategis Perusahaan Besar Diisi Tenaga Lokal

0 128

MURIANEWS.com, Jepara – Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edi Sujatmiko menginginkan posisi strategis di perusahaan-perusahaan besar di Jepara diisi tenaga-tenaga lokal. Pasalnya, selama ini, posisi itu kebanyak diisi tenaga ahli dari luar daerah.

Ini dikatakan Sujatmiko dalam memaknai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia, Kamis (2/5/2019).

Edi Sujatmiko menyebut, peringatan Hardiknas akan menjadi pondasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Jepara. Menurutnya, pendidikan merupakan modal utama dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kemiskinan yang dihadapi bersama, berbanding lurus dengan masalah pendidikan. Karena itu, peningkatan SDM dinilainya sangat penting, untuk mensejahterakan masyarakat.

Dicontohkannya, berbagai lowongan pekerjaan di perusahaan besar, khususnya untuk tenaga ahli, kebanyakan diisi dari luar daerah. Untuk itu ia berharap, ke depan dengan peningatan SDM di Jepara, posisi-posisi strategis itu dapat ditempati oleh masyarakat Jepara, sebagai tuan rumah.

“Pendidikan menjadi kunci untuk peningkatan SDM. Kami berharap kepada Disdikpora Jepara, untuk bisa menjadi pionir dalam usaha meningkatakan SDM di Jepara,” katanya.

Peringatan Hardiknas ini juga diharapkannya bisa momentum untuk mawas diri bagi seluruh pelaku pendidikan. Baik guru maupun tenaga kependidikan dan seluruh pihak yang terlibat dan bertanggung jawab secara langsung.

Kepala Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) Jepara, Agus Tri Raharjo mengatakan,  secara umum pendidikan di Kota Ukir sudah cukup bagus. Diakuinya, masih akan ada tantangan berat di masa mendatang. Namun dengan dukungan semua pihak, tantangan itu diyakini akan bisa diatasi.

“Dunia pendidikan di Jepara membutuhkan keterlibatan semua pihak. Usaha memajukan pendidikan butuh bantuan seluruh masyarakat, dan pemangku kebijakan di Kabupaten Jepara. Karena itu mari  bersama-sama kita mengupayakannya,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.