Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pentas Teater Lakon Surat untuk A, Warnai Peringatan Hardiknas di Pati

0 141

MURIANEWS.com, Pati – Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Teater Aliyah Salafiyah (TEASA), menggelar pementasan di Aula MA Salafiyah Kajen, Pati. Pentas teater kali ini, dengan mengangkat naskah lakon “Surat untuk A” karya Siwigustin.

Arif Sutoyo pembina sekaligus sutradara mengatakan, naskah ini diangkat sebagai proses perenungan bersama dalam memeringati Hardiknas. Sebab, dalam naskah ini menceritakan tentang berbagai konflik dalam kehidupan yang terlihat dari kegegelisahan para ibu-ibu manula.

Hal itu, lanjutnya, adalah akibat kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidup di masa lalu. Mereka diasuh oleh keponakannya dengan berbagai permasalahan yang dirasakan.

Pada endingnya, datang seorang manula bersama dengan putri dan cucunya yang memohon tinggal bersama.

Ia merasa tidak diperhatikan oleh anaknya yang telah sibuk sebagai sebagai pejabat kepala dinas sosial. Sedangkan cucunya sibuk dengan berbagai les yang dilakukan sepulang sekolah.

“Dalam pementasan ini banyak pesan yang bisa diambil, baik sebagai anak maupun orang tua,” ujarnya.

Konflik dalam rumah tangga, gesekan antargenerasi dalam hubungan orang tua dan anak sering kali tidak bisa dihindari. Pementasan ini seakan mengingatkan tentang pentingnya sikap bijak dalam mejalani kehidupan.

“Lakon ini juga mengajak kita semua untuk selalu bisa menjalankan peran sesuai dengan status yang melekat pada diri kita masing-masing,” tandas Arif.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.