MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

May Day, Ganjar Ajak Buruh dan Pengusaha Berpesta

0 213

MURIANEWS.com, Purbalingga – Hari Buruh Internasional (May Day) di Jawa Tengah Rabu (1/5/2019) diperingati dengan berbagai cara. Ada yang turun ke jalan untuk menyuarakan tuntutan, tapi tak sedikit pula yang menggelar acara gembira.

Mereka berpesta bersama para pengusaha. Ada yang menggelar olahraga bareng, senam massal, hingga lomba karaoke dengan door prize yang disiapkan oleh para pengusaha.

Setidaknya ini terlihat dari peringatan Hari Buruh di Purbalingga dan Banyumas. Puluhan ribu buruh dan para pengusaha berkumpul. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga hadir pada peringatan di dua daerah ini.

Di Kabupaten Purbalingga, acara dipusatkan di kawasan Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong). Di tempat ini Ganjar menyebut, perayaan Hari Buruh mestinya memang momen buat bergembira dan ajang berkumpul antara buruh dengan pengusaha.

“Perayaan May Day hari ini kita dorong memang agar sangat gembira, dengan berolahraga. Kita harapkan hubungan industri antara buruh dengan pengusaha semakin baik,” kata Ganjar.

Di tempat ini, 11 ribu buruh tumpah ruah dengan para pengusaha berkeringat ria. Para pengusaha pun menyediakan beragam door prize sebanyak 700 macam, dari pakaian, barang elektronik, sepeda hingga sepeda motor.

Ganjar berharap, perayaan Hari Buruh secara gayeng tersebut semakin menarik investor dan jadi inspirasi bagi daerah lain.

“Kalau suasana baik seperti ini jadi kondusif, kalau kondusif investor senang akhirnya membuka lapangan kerja. Kalau sudah membuka lapangan kerja bagaimana? Pengangguran berkurang, kesejahteraan meningkat,” katanya.

Khumaidah, salah seorang buruh pembuat bulu mata palsu dari Rema Jaya mengaku sangat menanti acara ini. Terlebih ia juga menjadi salah satu yang mendapat door prize. Dia pun berangkat bareng buruh pembuat bulu mata palsu lainnya.

“Seneng banget, libur kerja dapat hiburan dan hadiah. Lebih seneng kegiatan seperti ini lebih bermanfaat,” akunya.

Sementara perayaan May Day di Kabupaten Banyumas juga tidak kalah seru, dengan lomba karaoke serta senam. Suratman, buruh dari PT Rita Retelindo mengatakan lebih memilih acara seperti dari pada harus turun ke jalan.

“Nyatanya, ini memberi manfaat bagi para buruh. Saya berangkat bareng 500 temen-temen karyawan PT Rita. Karena semuanya pada semangat,” pungkasnya.(lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.