Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Kudus Siapkan Tempat Khusus untuk Warga yang Ingin Melihat Langsung Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

MURIANEWS.com, Kudus – KPU Kudus mempersilahkan masyarakat yang ingin menyaksikan rekapitulasi secara langsung di Hotel Griptha. Mereka bahkan menyiapkan tempat khusus supaya bisa memantau jalannya penghitungan dengan nyaman.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Kudus Dany Kurniawan. Menurutnya masyarakat memiliki hak yang sama, baik untuk tahu ataupun mengamati jalannya penghitungan tingkat kabupaten tersebut.

“Ini yang masuk di ruangan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara hanya saksi peserta pemilu atau saksi pasangan yang boleh masuk. Untuk masyarakat bisa menyaksikan di ruang bawah di Hotel Griptha Kudus. Kami sudah menyiapkan LCD, sehingga masyarakat bisa menyaksikan perhitungan secara langsung,” ungkapnya disela-sela rapat pleno, Rabu (1/5/2019).

Ia mengatakan, rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara digelar selama dua hari. Yakni mulai hari Rabu (1/5/2019) hingga hari Kamis (2/5/2019) besok. Ditargetkan selama dua hari penghitungan di sembilan kecamatan di Kudus bisa selesai.

“Kami hitung semua, dari presiden hingga DPRD Kabupaten/Kota persatu kecamatan. Setelah kecamatan selesai kemudian pindah ke kecamatan lainya. Kemudian pindah lagi. Rencana lima kecamatan hari ini. Kemudian sisianya besok pagi,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap pelaksanaan rapat pleno tersebut dapat berlangsung lancar. Sehingga dapat menciptakan pemilu yang berintegritas di Kabupaten Kudus.

Sebelumnya, rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara dibuka oleh Bupati Kudus HM Tamzil. Orang nomor satu di Kota Kretek itu berpesan kepada masyarakat agar menunggu hasil rekap dari KPU.

“Kami harapkan masyarakat tidak mudah berpengaruh terhadap hasil perhitungan selain KPU. Mari kita tunggu hasil rekap perhitungan suara dari KPU,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...