Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Inovatif, Kelurahan Pati Kidul Ciptakan Aplikasi Suket Online

MURIANEWS.com, Pati – Kelurahan Pati Kidul, Kabupaten Pati, kembali membuat kreasi inovatif, yakni membuat surat keterangan (suket) berbasis daring atau online. Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan warga agar tidak harus datang ke kantor kelurahan untuk mengurus administrasi kependudukan.

Selain itu, aplikasi suket tersebut juga terintergrasikan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pati, sehingga datanya bisa update. Ke depan, aplikasi itu rencananya akan diaplikasikan ke seluruh desa dan kelurahan di Pati.

Sekretaris Kelurahan Pati Kidul Nilam Ristiana, sebagai pencetus aplikasi tersebut mengatakan, aplikasi tersebut bermula melihat warga yang antre dan harus ke kelurahan untuk mengurus administrasi. Dari sana, ia bekerja sama dengan berbagai instansi lain mewujudkan aplikasi itu.

Menurutnya, aplikasi itu mulai dibuat pada Maret 2019 lalu dan saat ini sudah diluncurkan. Kelurahan Pati Kidul sebagai pilot project sudah mengaplikasikannya.

Meski demikian, dari 12 jenis pelayanan kependudukan, baru ada lima pelayanan yang bisa diakses secara online.

“Ada jangka pendek dan menengah, kami bekerja sama dengan Kecamatan Kota untuk diaplikasikan ke semua kelurahan. Kemudian jangka panjangnya ini diaplikasikan ke semua desa di Kecamatan Kota dan kecamatan lainnya di Pati. Dari pemkab sangat mendukung karena mendukung program smart city dari Pak Bupati,” tuturnya, Selasa (30/4/2019).

Nilam menjelaskan, sistem dari suket online memanfaatkan sub domain Pemkab Pati. Sehingga warga bisa mengakses dan mendaftar langsung. Pada aplikasi ini ada form yang harus diisi pendaftar dan mencantumkan nomor telepon.

“Di admin kelurahan ada yang melakukan verifikasi data pendaftar. Jika sudah sesuai, maka akan memberitahukan kepada warga tersebut melalui telepon. Warga bisa datang ke kelurahan sambil membaa surat pengantar dari RT/RW,” katanya.

Dengan adanya aplikasi itu, warga bisa mendaftar melalui online di dalam rumah atau di manapun. Jika sudah selesai, petugas akan menghubungi melalui telepon dan suket bisa diambil tanpa harus mengantre panjang.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...