Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PMI Kudus Targetkan Pemasukan di Bulan Dana PMI Tembus Rp 1,6 Miliar

0 85

MURIANEWS.com, Kudus – PMI Kabupaten Kudus menargetkan pendapatan bulan dana PMI yang digelar 1 Mei-31 Juli mendatang mampu tembus hingga Rp 1,6 miliar. Besaran tersebut jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 500 juta.

Meski begitu, Ketua panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Kudus, AKBP Saptono yakin target bisa tercapai. Itu dilandasi dengan program yang akan ia jalankan selama bulan dana berlangsung.

“Tahun ini kami optimistis tercapai,” terang Saptono saat ditemui setelah acara pembukaan Bulan Dana PMI 2019 di Lapangan Kedungdowo, Undaan, Selasa (30/4/2019) siang.

Sinergi antarlini juga akan digalakkan pihaknya. Dari situ, ia meyakini, semakin banyak pihak yang terjun dalam bulan dana, maka semakin banyak pula pundi-pundi dana yang akan terkumpul.

“Pihak swasta akan kita gandeng,” lanjutnya.

Sedang teknisnya, target sumbangan akan dikumpulkan melalui kupon bernominal dengan besaran Rp 2 ribu ditujukan ke sektor pendidikan mulai PAUD, TK, SD/MI hingga karyawan dan non-Aparatur Sipil Negara (non-ASN). Lalu kupon nominal Rp 3 ribu untuk sektor pendidikan tingkat SMP dan MA/SMK, pelanggan PDAM, telepon dan perpanjangan STNK.

“Hal tersebut sesuai perhitungan,” ucapnya.

Sedang penarikan sumbangan pada mahasiswa dan kepala keluarga (KK) berada di besaran Rp 4 ribu, ASN Golongan II, karyawan PDAM, Polri, UP3AD dan Telkom akan ditarik Rp 10 ribu. Sementara ASN Golongan III, Dosen, dan Karyawan Universitas ditarik Rp 25 ribu. Kemudian ASN Golongan IV Rp 50 ribu. Untuk koordinasi penggalangan dana akan dibantu Kepala OPD, Camat dan pengusaha se Kabupaten Kudus.

“Jika itu bisa terealisasi, nantinya akan terkumpul dana sebesar Rp 1.602.780.000. Jumlah itu sudah sesuai target. Semoga saja bisa terealisasi,” harapnya.

Senada, Ketua PMI Kabupaten Kudus, Rina Budhy Ariani pun optimis target Bulan Dana PMI 2019 bisa tercapai. Rina menambahkan, Bulan Dana PMI bisa diartikan sebagai bentuk kesetiakawanan sosial sesama manusia.

Mengingat pada akhirnya, hasil dari bulan dana PMI akan ditujukan untuk memberikan perlindungan, bantuan serta pertolongan pada korban bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia.

“Serta penyebarluasan prinsip dasar Palang Merah dan HHI (Hukum Humaniter Internasional) kepada seluruh masyarakat,” ucapnya.

Dana yang terkumpul juga nantinya akan digunakan untuik membiayai pembangunan rumah warga Kudus yang tidak layak huni bekerjasama denga pihak Pemkab, penyediaan kursi roda bagi penderita difabel, serta mendukung program PMI lainnya.

“Dana kemanusiaan dari masyarakat akan dikembalikan ke masyarakat juga,” tandas Rina.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.