Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pastikan Pembangunan River Tourism Tahap I Tak Sentuh Pemukiman Warga

MURIANEWS.com, Kudus – Pembangunan River Tourism Kali Gelis tahap I dipastikan tak menyentuh pemukiman masyarakat. Pasalnya pembangunan tahap I hanya akan menata sekitar tepian sungai. Mulai dari pengecekan kontur tanah tepi sungai hingga pembangunan tanggul awal untuk memperkokoh pinggiran sungai.

Oleh karena itu, Bupati Kudus HM Tamzil mengimbau warga bantaran untuk tidak khawatir terlebih dahulu. Pengkajian terhadap nasib para penghuni bantaran Kali Gelis juga terus dikaji dan dipikirkan oleh pihaknya.

“Kami minta masyarakat sekitar bantaran tak usah was-was,” kata Tamzil.

Ia menjelaskan, konsep membangun tanpa menggusur tetap diupayakan. Sosialisasi terkait hal ini diupayakan sesegera mungkin. Hal tersebut dilakukan guna menghindari salah persepsi dan timbulnya rasa takut masyarakat bantaran terkait isu penggusuran.

“Kami terus mempertimbangkan nasib mereka yang di bantaran,” tegas Tamzil.

Hanya, pihaknya mengharapkan masyarakat sekitar kooperatif dengan pemkab. Dengan harapan, jalan keluar bersama bisa sepakat dan tercapai.

“Untuk saat ini, beraktivitaslah seperti biasa, jika sudah pasti sosialiasi akan dilakukan,” tandas Tamzil.

Sebelumnya, Kepala Desa Demaan Sugiyono menjelaskan, sosialisasi pada masyarakat dirasa sangat penting. Mengingat bantaran sungai kali gelis di sisi timur telah lama dijadikan sebagai pemukiman oleh ratusan warganya. Tanah tersebut juga merupakan milik Dinas Sosial yang diperuntukkan untuk menampung pengemis dan gelandangan puluhan tahun yang lalu yang tak bisa serta merta dipindahkan.

Sebagian dari mereka juga telah mengantongi Sertifikat Hak Milik atas tanah di bantaran Kali Gelis tersebut. Sehingga jika penggusuran dilakukan, tentu warga akan menuntut ganti rugi atas haknya tersebut.

“Jadi pemerintah diharapkan punya solusi terkait masalah ini,” ungkapnya.

Pemukiman pengganti bagi ratusan KK yang mendiami RT 04/RW 04 tersebut juga diharapkan bisa disiapkan. Mengingat konsep river tourism gelis akan menonjolkan keindahan bantarannya dan dimungkinkan ada relokasi rumah di bantaran.

“Bisa saja dipindah di rumah susun atau dibuatkan pemukiman lain,” jelasnya.

Hingga kini, proyek River Tourism Kali Gelis tengah dilelangkan di tingkat Provinsi. Dana awal yang disiapkan sebesar Rp 10 miliar yang diperuntukkan untuk membangun empat titik. Yakni di Jalan Sunan Kudus, Kedung Paso, dan dua sisi di Jembatan Ploso.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...