Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Serahkan LPPDK, Keterpilihan Peserta Pemilu Terancam Dibatalkan

0 72

MURIANEWS.com, Kudus – Bawaslu Kudus meminta semua peserta pemilu untuk tidak mengabaikan Laporan Penerimaan Dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Pasalnya, para peserta pemilu yang tidak menyerahkan LPPDK keterpilihan mereka bisa dibatalkan.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, tahapan penyerahan LPPDK sudah dimulai sejak tanggal 26 April 2019 hingga 1 Mei 2019 mendatang. Apabila, hingga batas penyerahan peserta pemilu tidak menyerahkan. Maka peserta pemilu bisa dibatalkan keterpilihannya.

”Peserta pemilu yang tidak melaporkan dana tersebut (LPPDK) tidak akan ditetapkan sebagai calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota meski mereka terpilih. Itu sesuai dengan ketentuan pasal 338 ayat 3 UU nomor 7 tahun 2017,” jelasnya kepada awak media.

Ia mengatakan, pihak Bawaslu Kudus sudah melakukan pengawasan terhadap penyampaian LPPDK. Hal itu sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI. Oleh karena itu, pihak Bawaslu Kudus melakukan pengawasan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye.

”Kami akan memastikan penerimaan klop dengan pengeluaran dana kampanye. Ranah kami menilai tingkat kepatuhan dan ketidakpatuhan,” jelasnya.

Minan menjelaskan, jika terjadi kesalahan adminitrasi pihaknya hanya bersifat mengingatkan. Apabila ada saran perbaikan tidak dilakukan oleh peserta pemilu, maka akan menjadi temuan Bawaslu Kudus.

”Untuk itu kami mengharapkan kepada peserta pemilu taat dan patuh kepada aturan penyerahan laporakan LPPDK,” harapnya.

Senada diungkapkan oleh Komisioner KPU Kudus Cahyo Mardi Maryadi. Menurutnya, apabila ada peserta pemilu yang tidak menyerahkan laporan LPPDK, keterpilihannya akan dibatalkan.

”Hingga kemarin baru satu parpol peserta pemilu yang sudah melaporkan LPPDK yakni PKS. Lainnya baru konsultasi,” tambahnya.

Untuk itu, ia berharap kepada peserta pemilu untuk segera LPPDK ke KPU. Untuk itu, pihaknya berharapkan peserta pemilu segera menyerahkan hingga batas waktu yang ditentukan oleh KPU.

“Jadwal penyerahan LPPDK dari peserta pemilu ke KPU Kabupaten Kudus dimulai tanggal 26 April 2019 hingga 1 Mei 2019. Kemudian untuk jadwal penyerahan LPPDK dari KPU Kabupaten ke KAP tanggal 2 Mei 2019,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.