Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

16 Siswa SMP di Kudus Ikuti UNBK Susulan

0 110

MURIANEWES.com, Kudus – Sebanyak 16 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajad di Kudus yang sebelumnya absen karena sakit mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan, hari ini (29/4/2019). Rencananya, mereka akan melakukan UNBK susulan hingga besok (30/4/2019) di sekolah masing-masing.

Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus Djamin menyebutkan ke-16 siswa tersebut terdiri dari 10 siswa SMP dan enam siswa MTs. Untuk 10 siswa SMP tersebut meliputi tiga siswa SMP 1 Jati Kudus, satu siswa SMP 5 Kudus, satu siswa SMP 2 Kudus, satu siswa SMP 1 Bae, satu siswa SMP 1 Dawe, satu siswa SMP 1 Mejobo, satu siswa SMP 2 Mejobo dan satu satu siswa SMP PGRI Jekulo.

Sedangkan enam siswa MTs masing-masing berasal dari MTs Ma’ahid, MTs NU Miftahul Ma’arif, MTs NU Miftahul Huda, MTs NU Hidayah, MTs Nurul Ulum, dan MTs Nu Raden Umar Said.

”Hari ini mereka sudah mengikuti ujian. Untuk materinya Bahasa Indonesia dan Matematika. Sedang besok adalah Bahasa Inggris dan IPA. Kalau tempatnya di sekolah masing-masing,” katanya.

Hanya, Djamin mengakui, sebelumnya pihaknya sempat berencana memusatkan ujian susulan di SMP 3 Kudus untuk mempermudah pelaksanaan. Akan tetapi, sesuai petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), UNBK susulan harus dilaksanakan di sekolah masing-masing.

“Karena server yang dipakai untuk UNBK susulan harus sama dengan UNBK utama,” ujarnya.

Meski begitu. pelaksanaan ujian susulan juga dipastikan lebih singkat waktu pelaksanaannya. Mengingat hanya diselenggarakan dalam satu sesi saja. Hal tersebut jelas berbeda dengan UNBK utama dengan satu mata pelajaran dan dilaksanakan hingga tiga sesi.

“Karena pesertanya sedikit, hanya butuh satu ruang dan satu sesi saja,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus Joko Susilo mengharapkan adanya peningkatan hasil UNBK di berbagai jenjang sekolah di Kabupaten Kudus. Segala persiapan yang telah dilakukan juga dirasa cukup untuk bekal menghadapi UNBK.

“Kami targetkan ada peningkatan hasil dari tahun sebelumnya,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.