Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tugas Relawan Demokrasi Rampung, Ini Pesan KPU Jepara

MURIANEWS.com, Jepara- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara secara resmi menyatakan secara administratif, kinerja Relawan Demokrasi (RD) sudah berakhir. Namun secara substansial, fungsi dan tugas RD harus terus dilaksanakan oleh anggotanya.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie saat bertemu dengan anggota RD KPU Jepara, Minggu (28/4/2019) siang. Pertemuan yang digelar di sebuah rumah makan di Tegal Sambi, Jepara tersebut diikuti hampir semua anggota RD KPU Jepara.

Menurut Subchan Zuhrie, fungsi RD dalam membangun demokratisasi di Indonesia harus tetap diteruskan. Meski secara administrasi tugas dan fungsinya sudah usai, namun mereka harus tetap bisa memberikan pencerahan mengenai demokrasi di sepanjang kehidupan.

Fungsi tersebut bisa dilakukan mulai dari tingkat keluarga. Dari keluarga yang memahami mengenai substansi demokrasi, selanjutnya akan membentuk karakter demokrasi bangsa secara umum.

Salah satu tantangan terbesar Indonesia saat ini adalah masalah merebaknya hoaks. Anggota RD selama ini juga harus bisa menekan persebaran hoaks ini dalam proses Pemilu 2019. Namun ke depan, diyakini hoaks akan terus menjadi bagian dari alat untuk meraih tujuan bagi kepentingan tertentu.

“Karena itu, salah satu fungsi dan tugas RD untuk membasmi hoaks harus tetap dilanjutkan di dalam kehidupan masyarakat. Jadi meski secara administrasi sudah berakhir, RD tetap harus melakukan tugas itu di dalam masyarakat, untuk seterusnya,” ujar Subchan Zuhrie.

Pemahaman mengenai demokrasi juga harus terus disampaikan. Para anggota RD harus bisa melakukan tugas ini secara terus menerus. Sebab bagaimanapun, Pemilu tetap akan digelar kembali pada 2024. Terlepas ada perubahan format pelaksanaannya atau tidak.

Sementara itu, Komisioner KPU Jepara lainnya, Muhammadun menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada 55 anggota RD KPU Jepara yang sudah membantu dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Di tengah hiruk-pikuk situasi yang terjadi, para relawan menurutnya telah melakukan yang terbaik.

“Saya juga tidak berani menyebutkan jika RD ini sudah selesai. Meski tadi disebutkan sudah selesai secara administrasi sekalipun. Ini terasa sangat menyakitkan, mengingat kinerja kawan-kawan RD yang sudah ditunjukan. Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi untuk mereka,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...