Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Partipasi Turun, Jokowi Tetap Unggul di Coblosan Ulang TPS Lebuawu Jepara

0 173

MURIANEWS.com, Jepara- Proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 05 Lebuawu, Pecangaan, Jepara, Sabtu (27/4/2019) berhasil dilaksanakan. Meski terjadi penurunan tingkat partisipasi, secara keseluruhan PSU berlangsung dengan lancar dan aman.

Komisioner KPU Jepara, Muhammadun menyatakan, dari 257 pemilih yang terdaftar di DPT, hanya 195 pemilih yang hadir dan memberikan hak suaranya. Tingkat partisipasi masyarakat di TPS ini mengalami penurunan dibanding pada saat pemungutan suara 17 April 2019 lalu.

Pada coblosan 17 April 2019 yang kemudian diulang diketahui ada 255 pemilih yang hadir. Sehingga saat itu bisa dikatakan hanya 2 orang saja dari total DPT yang tidak hadir mencoblos. Sedangkan pada PSU, jumlah pemilih DPT yang tidak hadir mencapai 72 orang pemilih.

“Terlepas dari hal itu, kami tetap bersyukur PSU bisa dilaksanakan dengan baik, aman dan lancar. Kami sampaikan terima kasih kepada segenap petugas yang terlibat. Baik KPPS, PPS, aparat keamanan dan rekan-rekan dari Bawaslu,”ujar Muhammadun.

Sementara itu dari hasil penghitungan suara yang dilaksanakan usai dilakukan PSU, terjadi perubahan perolehan suara, untuk Pilihan Presiden.

Meski demikian secara keseluruhan pasangan Jokowi-Amin tetap mendapatkan suara terbanyak di PSU TPS 05 Lebuawu ini.

Pada penghitungan suara Pemilihan Presiden di PSU TPS 05 Lebuawu, Jokowi-Amin mendapatkan 137 suara. Jumlah ini berkurang dibandingkan pada saat dilakukan pemungutan suara 17 April 2019, yang mencapai 183 suara.

Baca: PSU di TPS 05 Lebuawu Jepara Hanya untuk Tiga Surat Suara Saja

Sedangkan jumlah suara pasangan Prabowo-Sandi, dalam PSU di TPS 05 Lebuawi, juga mengalami penurunan. Dalam penghitungan suara yang dilakukan, Prabowo-Sandi hanya mendapatkan 56 suara. Jumlah suara ini berkurang dibanding saat coblosan 17 April 2019, yang mencapai 70 suara.

Baik saat coblosan 17 April 2019 dan PSU 27 April 2019, terdapat dua surat suara tidak sah sebanyak 2 lembar.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoja

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.