Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Petugas TPS di Pati Meninggal Dunia

0 875

MURIANEWS.com, Pati – Setidaknya ada dua petugas tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Pati yang meninggal dunia saat menjalankan tugas. Keduanya yakni Sunoto, anggota Satlinmas yang bertugas di TPS 12 Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana dan Sumiati anggota KPPS asal Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo.

“Sumiati meninggal pada 19 April 2019 sementara Sunoto pada Kamis (25/4/2019) kemarin dan sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat,” kata Komisioner KPU Pati Suharyono, Jumat (26/4/2019).

Haryono menambahkan, sebelumnya Sunoto mengeluh kecapaian, sakit kepala, dan sesak napas seusai melaksanakan tugas pengamanan di TPS.

Adapun anggota KPPS Desa Jambean Kidul Sumiati, sebelum tutup usia petugas di  TPS 12 itu sempat dirawat di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Itu karena setelah pemungutan dan penghitungan suara, kondisi kesehatannya menurun.

“Kami memberi perhatian khusus kepada petugas penyelenggara Pemilu di tingkat PPK, PPS, hingga KPPS yang terdampak beban berat pelaksanaan hajatan demokrasi. Hanya, kami tidak dapat memastikan besaran santunan yang diberikan kepada petugas yang mengalami sakit atau meninggal dunia karena kelelahan setelah pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” ungkapnya.

Sejauh ini, pihaknya terus melakukan pendataan petugas yang mengalami sakit atau meninggal dunia. Selanjutnya, data tersebut akan disampaikan ke KPU Provinsi Jawa Tengah.

Baca: Petugas Pemilu di Jateng yang Gugur Diberi Santunan Rp 10 Juta

Tak hanya itu, pihaknya juga mengupayakan agar petugas pemilu yang keguguran dan meninggal, mendapatkan santunan. Sementara untuk yang menjalani perawatan agar digratiskan semua biaya pengobatan.

“Yang keguguran, yakni Indah Marwati, Ketua KPPS TPS 04 Gabus, hari ini sudah berangkat ke Semarang untuk mendapatkan santunan,” tutupnya.

Sementara itu, pagi tadi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyerahkan santunan bagi 47 petugas pemilu di Jateng yang meninggal dan sakit. Masing-masing mendapat santunan sebesar Rp 10 juta dan diserahkan ke ahli waris.

Santunan tersebut menurut Ganjar diambilkan dari dana Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jateng.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.