Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hari Terakhir, Bupati Kudus Tinjau Pelaksanaan UNBK

0 69

MURIANEWS.com, Kudus – Hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Kudus ditinjau oleh Bupati Kudus HM Tamzil. Peninjauan ditujukan untuk monitoring sekaligus bahan evaluasi terkait pelaksanaan UNBK yang telah berjalan sejak Senin (22/4/2019) lalu.

“Kita selalu memantau, dan sampai sekarang belum ada kendala,” terang Tamzil usai meninjau kelas-kelas yang digunakan siswa untuk mengerjakan UNBK di SMP 3 Kudus, Kamis (25/4/2019) siang.

Tamzil menilai, pelaksanaan UNBK pada tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Pasalnya, pelaksanaan UNBK di Kudus telah mencapai 100 persen di seluruh jenjang. Sedang tahun sebelumnya berkisar 80 persen.

“Ada penigkatan, saya pribadi mengapresiasi semua pihak yang terlibat,” lanjutnya.

Hanya, ia berharap peningkatan kuantitas ini dibarengi dengan peningkatan kualitas lulusan di berbagai jenjang. Persiapan menuju jenjang selanjutnya diminta segera dipersiapkan dengan matang.

“Target kami semuanya lulus 100 persen. Dengan begitu Kudus bisa lebih maju,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Djoko Susilo melalui Sekertaris Dinas (Sekdin) Kasmudi memastikan pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kudus tidak ditemukan kendala yang berarti.

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) secara mandiri di tiap sekolah di berbagai jenjang pendidikan juga telah sesuai target. Sekalipun tak 100 persen, peningkatan dari tahun sebelumnya cukup terlihat.

“Tahun ini 98 persen sekolah di Kudus gelar UNBK mandiri, sedang tahun kemarin 80 persen,” lanjutnya.

Sedang untuk jumlah siswa yang mengikuti UNBK 2019 ada sebanyak 27.867 siswa. Jumlah tersebut terdiri dari berbagai jenjang pendidikan di Kudus. Dengan rincian yakni sebanyak 49  SMP, 65 MTs, 17 SMA, 36 MA, dan 29 SMK di seluruh Kudus.

“Kelulusan peserta UNBK tahun ini semoga bisa capai 100 persen,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.