Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cerita Mistis dari ‘Kretek Genderuwo’ Hutan Lamin Pati

MURIANEWS.com, Pati – Hutan Lamin yang berada di Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Pati, menyimpan banyak cerita mistis. Ada banyak warga yang sudah membuktikan keangkeran hutan tersebut.

Bahkan, tak jarang pula orang yang melintas di sekitar hutan tersebut merinding, lantaran melihat sosok makhluk gaib yang tidak bisa digambarkan. Apalagi pada saat malam hari disertai dengan gemuruh angin kencang yang berasal dari dalam hutan.

Salah satu yang paling mengerikan adalah Kretek Genderuwo atau Jembatan Setan. Konon jembatan tersebut adalah jalan menuju istana jin yang ada di dalam hutan.

Berdasarkan penuturan Sartono yang merupakan warga desa setempat, jembatan itu dulunya memang sering dijadikan tempat pemujaan sebelum ke istana jin.

“Kalau dikatakan Kretek Genderuwo, itu karena jembatan tersebut tempat nongkrongnya para genderuwo atau setan. Istilahnya adalah semacam penjaga pintu gerbang menuju istana jin,” katanya, Kamis (25/4/2019).

Dulu pada tahun 90-an banyak orang yang datang ke lokasi tersebut ketika mereka sampai di Kretek Genderuwo, pasti membuang bunga dan ayam cemani. Itu sebagai syarat agar perjalanan menuju istana jin tidak diganggu suatu apapun.

Tidak hanya orang Pati saja yang datang ke lokasi tersebut. Tapi banyak juga orang luar daerah yang mencoba mencari keberuntungan di kretek itu. Sebab apabila raja jin tidak berkehendak seseorang masuk ke dalam istana, tetapi orang tersebut memaksa masuk, maka pihaknya tidak akan bisa kembali pulang.

“Dulu orang Regaloh sini juga ada yang ke sana, setahun dia tidak kembali. Nah, tiba-tiba setelah setahun berlalu, dia kembali ke rumah. Satu bulan kemudian, kembali lagi ke istana jin,” ungkapnya.

Sartono juga menuturkan di sebelah timur jembatan, terdapat perempatan jalan. Namun perempatan tersebut tidak kelihatan lantaran untuk dari selatan ke utara sudah menjadi jalan umum Tlogowungu-Lahar.

Baca: Hutan Lamin Pati, Dari Tempat Pemujaan Hingga Pembantaian PKI

Menurutnya di perempatan tersebut sering ada orang yang melihat sosok makhluk gaib. Bahkan ada juga orang yang diajak makhluk tersebut menuju istana kerajaan jin. Tetapi dia tidak mau dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan rasa takut.

Tidak hanya sampai di situ, dekat dengan kretek genderuwo, terdapat kuburan massal yang disinyalir adalah tempat pembantaian PKI pada 1965 silam. Jejaknya pun sampai saat ini masih ada. Hanya, sebagian besar sudah tertutup oleh tanaman ketela.

“Para PKI dulu dibantai di sebelah barat Kretek Genderuwo itu. Pada saat Magrib tiba, puluhan truk membawa orang PKI menuju ke Hutan Lamin dan para PKI dibantai di sana,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...