Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

21 TPS di Kudus Lakukan Perhitungan Ulang

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 21 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Kudus harus menggelar perhitungan suara ulang. Hal ini dilakukan karena Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan kesalahan perhitungan perolehan suara.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, pihaknya menemukan kesalahan penghitungan perolehan suara caleg di puluhan TPS yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Kretek. Oleh karena itu, Bawaslu Kudus meminta untuk dilakukan perhitungan ulang.

“TPS itu tersebar di Kecamatan Gebog, Bae, Kota, Mejobo, Kaliwungu, hingga Dawe,” jelasnya.

Ia mengatakan, dari penghitungan suara ulang digelar di TPS 28 Gribig, TPS 4 Peganjaran, TPS 16 Karangbener, TPS 18 Jurang, TPS 16 Karangbener. Berikutnya, TPS 4 Golantepus, TPS 4 Peganjaran, TPS 7 Wergu wetan, TPS 25 Kesambi, TPS 3 Ngemplak, dan TPS 6 Dersalam.

“Kemudian ada TPS 4 Garung Kidul, TPS 04 Golan Tepus, TPS 10 Garung Kidul, TPS 3 Mlati Norowito, TPS 3 Karang Ampel, TPS 5 kedungsari, TPS 10 Getassrabi, TPS 6 Mejobo, TPS 8 Japan, dan TPS di Gebog,” ujarnya.

Minan menjelaskan, ada beberapa kesalahan. Di antaranya saat dicek salinan C1 yang terima Bawaslu Kudus kemudian disandingkan dengan C1 hologram milik  KPU ternyata ada yang tidak sesuai.

“Misal dari jumlah pemilih, yang hadir C7 berapa. Misal C7 sekitar 171. Di surat suaranya 172. Saat dihitung ulang ternyata ada surat suara yang tidak sah, dimasukkan dalam suara sah,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bawaslu menemukan ada yang jumlahnya tidak sesuai. Hal itu ditemukan hampir di rata-rata TPS yang akhirnya melakukan hitung ulang surat suara. Akibat ketidaksinkronan itu, Bawaslu merekomendasikan untuk hitung ulang.

“Maka untuk pembenahannya harus penghitungan ulang. Salah satunya itu yang dilakukan jika ada ketidaksesuaian data,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...