Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

11 Petugas TPS di Pati Jatuh Sakit Saat Coblosan, Ada yang Keguguran

0 357

MURIANEWS.com, Pati – Di Kabupaten Pati, setidaknya ada 11 petugas penyelenggara pemilu yang jatuh sakit saat pemungutan suara berlangsung. Bahkan satu di antaranya seorang ibu-ibu yang sedang hamil dan mengalami keguguran.

Komisioner KPU Pati Haryono mengatakan, petugas yang sakit tersebut ada yang opname di rumah sakit dan ada yang menjalani rawat jalan. Tetapi sebagian besar kondisi mereka saat ini sudah membaik dan sebagian ada yang sudah pulang ke rumah.

“Dari pantauan kami, sakit yang mereka alami hanya karena kelelahan saat pemungutan suara. Tetapi mereka sudah mendapatkan perawatan penuh, sehingga kondisinya segera pulih kembali,” katanya, Rabu (25/4/2019).

Sementara, petugas TPS yang diketahui keguruan adalah Indah Marwati yang merupakan Ketua KPPS di TPS 4 Desa Karaban, Kecamatan Gabus.

Dari keterangan yang diperoleh, Indah pada saat penghitungan suara kondisinya semakin melemah, sehingga mengalami pendarahan dan dibawa ke rumah sakit. Hasilnya ternyata Indah mengalami keguguran.

“Itu semua adalah di luar kehendak kami tentunya dalam proses pemilu ini kami menginginkan hal yang terbaik,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, untuk penyelenggara pemilu yang sakit pada saat pemungutan suara tersebut, pihak Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan Surat Edaran No. HK.02.02/III/1681/2019.

Isinya adalah menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk Dinas Kesehatan membuka pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh petugas penyelenggara. “Sesuai dengan surat edaran, yang kita tindak lanjuti dengan kegiatan di lapangan,” ungkapnya.

Baca: Besok Pemprov Cairkan Santunan Petugas Pemilu yang Meninggal dan Sakit

Sementara petugas pemilu yang sakit salah satunya adalah Johan Andalas yang merupakan ketua PPK Kecamatan Pati Kota. Ia mengalami kondisi flu berat pada saat penyelenggaraan pemilu.

Ada juga anggota PPK Gunungwungkal, yakni Supriyanto dengan kondisi badan panas menggigil. Satrio Dody Permada anggota KPPS Indah Marwati, Ketua KPPS di GPS 4 Desa Karaban.

Kemudian Radiya, Anggota KPPS di TPS 10 Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Moh Ismail yang merupakan Ketua PPS Desa Godo, Kecamatan Winong.

Di Desa Kertomulyo, Kecamatan Margoyoso Ada Dedi suhartanto selaku ketua KPPS 01. ada juga anggotanya yang sakit yakni Miftahul Faizah yang sempat dirawat di RS Margoyoso.

Berikutnya adalah anggota PPK Kecamatan Cluwak yakni Muhammad Khoiri yang sempat mengalami sariawan akut pada saat pemungutan suara. Kemudian di Kecamatan Batangan ada Siti Umaroh yang merupakan sekretariat PPS Telogomojo. Kondisinya pada saat itu hamil dan mengalami pendarahan karena faktor kelelahan.

Ada juga mau Samsul Arifin yang merupakan anggota PPK Kecamatan Sukolilo yang mengalami batuk-batuk yang dikarenakan faktor kelelahan.

Selain itu, ada juga anggota linamas maupun satpam yang bertugas untuk menjaga logistik, dikabarkan juga sakit.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.