Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Layanan Antar Darah PMI Kudus Dilaunching Awal Mei

0 127

MURIANEWS.com, Kudus – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kudus tengah menyiapkan program layanan antar darah ke pasien atau rumah sakit yang membutuhkan. Jika sesuai rencana, peluncuran program tersebut akan dibarengi dengan pembukaan bulan dana PMI 2019 di bulan Mei mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua PMI cabang Kudus, Rina Bhudy Ariyani. Program layanan antar darah diharapkan bisa mempercepat pendistribusian darah di Kudus.

“Supaya kegawat daruratan bisa teratasi dengan cepat,” jelasnya.

Untuk teknis, pasien atau rumah sakit yang membutuhkan darah segera bisa menelfon nomor layanan PMI. Darah kemudian diantarkan petugas khusus menggunakan sepeda motor.

“Motor dianggap mampu menembus kepadatan kota lebih cepat,” terangnya.

Lima petugas disiapkan untuk mengantar jika sewaktu-waktu darah dibutuhkan secepatnya. Termos khusus pun disediakan untuk menjaga darah tetap aman dan tidak rusak.

“Kami tetap menjaga kualitas darah terjaga,” ujarnya.

Selain penyiapan layanan, pengupayaan ketersediaan stok darah juga terus dilakukan. Pemenuhan dilakukan dengan cara menggandeng pihak-pihak swasta maupun Pemkab untuk menggelar acara donor darah.

“Kami terus upayakan pemenuhan stok darah dari berbagai jenis,” lanjutnya.

Terdekat, kegiatan donor darah akan dilaksanakan pada 30 April mendatang di Pusat Belajar Guru (PGB) Desa Mlati Norowito Kecamatan Kota. Dengan target 300 kantong darah terkumpul.

“Target kami adalah 700 kantong pada awal Mei nanti,” ucapnya.

Sementara Sekretaris PMI Cabang Kudus Imam Santoso menambahkan, pendonor di Kabupaten Kudus tergolong tinggi. Animo yang besar dari para pendonor diharapkan mampu memenuhi target yang akan dicapai.

“Kami akan bekerjasama dengan berbagai pihak di Kabupaten Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.