Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

35 TPS di Jepara Harus Hitung Ulang, 303 Lain Buka C1 Plano

 

MURIANEWS.com, Jepara – Proses penghitungan suara manual Pemilu 2019 di Kabupaten Jepara masih terus berlangsung. Sampai Rabu (24/4/2019) ini, proses tersebut mulai berlangsung di jenjang Kecamatan.

Dalam proses ini, kerja keras bagi para petugas dan pihak-pihak yang terkait masih harus diberikan. Bawaslu Jepara sendiri menyatakan dalam proses ini sudah memberikan beberapa rekomendasi.

Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko menyebutkan, sejauh ini sudah ada satu rekomendasi PSU (Pemungutan Suara Ulang) untuk TPS 05 Lebuawu, Pecangaan, berdasarkan temuan dalam proses ini. Rekomendasi yang lain adalah dilakukannya pembukaan plano C-1 dan penghitungan ulan TPS.

Sesuai laporan yang diterima Bawaslu, sampai saat ini sudah ada 303 rekomendasi untuk membuka plano C-1. Kemudian untuk penghitungan suara ulang di TPS, telah direkomendasikan dilakukan untuk 35 TPS.

“Laporan terakhir dari petugas-petugas kami menyebutkan seperti itu. Bisa saja akan ada rekomendasi serupa untuk beberapa hari ke depan. Sebab proses penghitungan suara di tingkat kecamatan masih berlangsung,” ujar Sujiantoko.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, melalui Komisionernya Muhammadun, menegaskan, tahapan pemilihan umum 2019 saat ini adalah masih merekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan. Fase ini paling lambat akan tuntas pada 4 Mei 2019.

Sedangkan untuk fase penghitungan suara di tingkat kabupaten, baru akan dilaksanakan pada 5 Mei 2019 nanti. Dengan demikian, masih akan ada proses cukup panjang dan melelahkan bagi para petugasnya.

“Fase atau tahapan yang masih harus dilalui dalam tahap penghitungan suara ini masih panjang. Kami berharap para petugas dan semua pihak bisa mengambil tanggung jawab masing-masing dengan sebaik-baiknya. Beban kerja yang berat, mudah-mudahan bisa dilaksanakan bersama,” pungkasnya.

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...