Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bulan Ziarah, Terminal Bakalan Krapyak Kudus Masih Sepi

0 291

MURIANEWS.com, Kudus – Bulan Sya’ban yang biasanya menjadi puncak berziarah ternyata tak seramai tahun-tahun sebelumnya. Terminal Parkir Bakalan Krapyak yang menjadi tempat parkir bus peziarah ke makam Sunan Kudus juga terlihat masih sepi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil saat meninjau lokasi Terminal Bakalan Krapyak siang tadi (24/4/2019). Sepinya terminal dijelaskan Hilal sudah terjadi sejak sepekan yang lalu.

”Jika di hari biasa bus bisa mencapai 40 sampai 50, kini hanya berkisar 25 bus saja. Sedang di akhir pekan, yang biasanya 100 bus, kini hanya berkisar 70 bus. Kemungkinan karena faktor pemilu,” katanya

Selain Pemilu 2019, ujian nasional yang sedang berjalan di berbagai jenjang pendidikan juga jadi penyebabnya. Ia menduga banyak orang tua yang mempersiapkan ujian anak-anaknya.

“Hal tersebut juga banyak mempengaruhi,” terang Halil.

Di luar faktor pengunjung, banyaknya kantong parkir swasta yang mulai bertebaran di sekitaran Menara Kudus juga jadi pemecah pusat kantong parkir di terminal Bakalan. Pendapatan dari mini bus dan bus-bus besar pun berkurang.

“Kami tidak bisa melarang, karena mereka menggunakan lahannya sendiri,” ucapnya.

Sekalipun demikian, Halil memastikan kesiapan menghadapi puncak ziarah telah dilakukan seluruhnya. Penambahan fasilitas seperti ruang kesehatan dan infrastruktur penunjang lainnya pun telah siap dipergunakan para peziarah.

“Kami tetap lakukan persiapan semaksimal mungkin,” tegasnya.

Disinggung terkait target pendapatan, Halil menjelaskan tahun ini Terminal Bakalan Krapyak ditarget menyumbang Rp 1,3 miliar untuk PAD 2019. Dengan tarif per bus yang hanya sebesar Rp 10.300, pihaknya akan coba mengoptimalkan potensi yang ada.

“Kami upayakan semaksimal mungkin supaya bisa capai target,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Ragil Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.