Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Snapmat 2019 FKIP UMK

Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Progdi Pendidikan Matematika UMK Gelar Seminar Nasional

MURIANEWS.com, Kudus – Program Studi (Progdi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar seminar nasional di hotel @Hom Kudus, Rabu (24/4/2019). Seminar nasional kali ini bertemakan inovasi pembelajaran matematika berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Ada dua pembicara yang menjadi narasumber seminar nasional tersebut. Mereka adalah Prof. Dr. Kartono, M.Si dan Sumaji, S.Pd., M.Pd.

Wakil Dekan III FKIP UMK Sucipto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pemateri dan peserta seminar nasional. Menurutnya, seminar ini penting untuk dilaksanakan guna menghadapi tantangan baru di era revolusi 4.0.

”Matematika ini sangat membosankan. Belum belajar aja dibenak si anak sudah ada stigma sulit. Karena itu kita akan menerapkan metode STEM yang diharapkan bisa membuat pelajaran matematika menyenangkan,” katanya saat memberikan sambutan.

Dengan sistem STEM, ia berharap pelajaran matematika itu bisa diminati sejak dini dan tak lagi menjadi momok bagi anak-anak. Caranya dengan mengembangkan teknologi dan ilmu matematika.

Ending-nya memang bagaimana membuat anak nyaman. Bisa saja menggunakan aplikasi untuk pembelajaran matematika. Sehingga anak-anak tak harus menunggu hari untuk belajar, lewat aplikasi anak-anak bisa belajar matematika kapan saja bisa,” katanya.

Dengan begitu, diharapkan di era revolusi industri 4.0 pelajaran matematika lebih menyenangkan. ”Itu akan dikupas dalam seminar nasional kali ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ratri Rahayu menyebutkan, seminar nasional ini merupakan hal yang baru. Untuk pesertanya ada 120 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas.

”Totalnya ada 120 peserta. Rata-rata memang mahasiswa. Ada yang dari Kudus sendiri dan ada pula yang dari luar kota,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...