MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Jurus Kakwarda Jateng Jadikan Pramuka Agen Penangkal Hoaks

0 29

MURIANEWS.com, Semarang – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng, Siti Atikoh Ganjar Pranowo mempunyai tekad menjadikan para Pramuka sebagai agen penangkal hoaks. Salah satu langkah yang dilakukannya yakni menjadikan Pramuka layaknya kantor berita.

Para Pramuka disiapkan menjadi penyebar informasi yang bersifat positif dan membangun. Mereka diarahkan untuk menyebarkan informasi-informasi itu ke semua lini media, baik media sosial, web, blog atau lainnya. Sehingga konten-konten berisi berita hoaks bisa tergusur.

Untuk mewujudkan hal ini, Kwarda Jateng membekali puluhan Pramuka dari berbagai daerah di Jateng dengan ilmu jurnalistik dan media sosial. Pelatihan ini digelar selama tiga hari mulai Selasa (23/4/2019) hari ini hingga Kamis (25/4/2019) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jateng.

“Saya ingin setiap anggota Pramuka adalah kantor berita. Untuk mewujudkan itu, maka mereka harus mengetahui ilmu tentang dunia jurnalistik dan bermedia sosial,” kata istri gubernur Jateng tersebut.

Dalam pelatihan ini dihadirkan pakar-pakar dari bidang jurnalistik dan media sosial. Sehingga para Pramuka perwakilan dari 35 Kwarcab di Jateng ini bisa menularkan ilmunya kepada anggota Pramuka lain.

Atikoh menyebut, pelatihan jurnalistik dan media sosial ini merupakan langkah awal menyiapkan anggota Pramuka untuk menjadi penyebar informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sehingga nantinya, mereka dapat menyerbu dunia maya dengan berita-berita dan informasi positif untuk menutup konten-konten negatif yang saat ini marak beredar. Mengetahui hal yang baik saja tidak cukup, jadi harus digemborkan, dikabarkan kepada masyarakat melalui media yang ada. Untuk menggemborkan itu, butuh ilmu yakni jurnalistik dan ilmu bermedia sosial,” terangnya.

Ia menilai, bekal ilmu ini akan sangat berguna untuk pengembangan kepramukaan. Terlebih, kegiatan Pramuka itu terdiri dari berbagai bidang, mulai dari pendidikan karakter, kebencanaan, bela negara, cinta lingkungan dan lainnya.

“Dengan anggota Pramuka yang pandai jurnalistik serta melek media sosial, harapannya kegiatan-kegiatan yang bagus ini dapat disebarkan kepada masyarakat luas,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.