Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KEREN! Makanan Lezat Ini Ternyata Diolah dari Bahan Pangan Lokal di Grobogan

MURIANEWS.com, GroboganBeragam menu makanan lezat ternyata bisa dibuat dari bahan pangan lokal yang mudah didapatkan. Hal itu bisa dilihat dalam acara lomba cipta menu masakan dalam rangka peringatan Hari Kartini ke-140 yang dilangsungkan di gedung Riptaloka, Setda Grobogan, Selasa (23/4/2019).

Dalam lomba yang diikuti tim PKK tingkat kecamatan itu banyak tersaji aneka menu makanan maupun minuman yang dibuat dari bahan pangan lokal atau tradisional. Seperti jenis singkong, talas, ubi, ketela rambat, kacang tanah yang dikombinasi dengan aneka sayuran dan buah-buahan. Selain itu, ada pula menu makanan yang bahan utamanya berasal dari aneka jenis ikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Grobogan Sunanto menyatakan, dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya sudah beberapa kali menggelar lomba cipta menu masakan dari bahan pangan lokal. Melalui lomba ini bisa diketahui kalau masih banyak sumber pangan lainnya yang bisa dijadikan alternatif oleh masyarakat.

“Dengan mengonsumsi bahan pangan lokal maka ketergantungan terhadap beras bisa sedikit dikurangi. Caranya, dengan sering mengonsumsi bahan pangan non beras tersebut yang harganya murah dan mudah didapat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertenakan dan Perikanan Grobogan Riyanto menambahkan, kebiasaan mengonsumsi ikan harus terus dibiasakan, khususnya pada anak-anak. Sebab, dengan mengonsumsi ikan ini akan bisa menambah gizi dan berdampak dengan meningkatnya tingkat kecerdasan anak.

“Beberapa waktu lalu, pemerintah sudah mencanangkan program gemar makan ikan dan ini saya nilai memang tepat. Anak-anak harus kita biasakan untuk mengonsumsi ikan. Apalagi sumber ikan disini juga melimpah. Soal jenis ikan yang dikonsumsi ini bisa apa saja dan semuanya punya kandungan gizi sangat tinggi,” katanya.

Riyanto menambahkan, untuk ikut mendukung program tersebut, pihaknya juga sudah melakukan beberapa upaya. Seperti, menyalurkan bantuan beragam benih pada masyarakat dan pembudidaya ikan. Selain itu, pihaknya juga melakukan penebaran benih ikan  di beberapa perairan umum, khususnya waduk.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...