Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rangka Cor Belum Siap, Pengecoran Jembatan Tanggulangin Diundur 28 April

0 693

MURIANEWS.com, Kudus – Pengecoran Jembatan Kolonel Sunandar Tiga atau Jembatan Tanggulangin dipastikan mundur. Pasalnya, perakitan rangka cor di jembatan penghubung Kabupaten Kudus-Demak belum selesai dan masih dikerjakan hingga sekarang.

Akibatnya, pengecoran yang ditargetkan bisa dimulai tanggal 24 April besok pun akan diundur pada tanggal 28 sampai 29 April mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan Humas PT Duta Mas Indah, Tedy Rahman. Ia menjelaskan hingga kini pengerjaan masih di titik beratkan pada pemasangan lantai dan perakitan besi cor.

“Kita selesaikan ini dulu dan beberapa pengerjaan pendukung lain tetap jalan,” jelasnya saat ditemui di proyek pembangunan, Selasa (23/4/2019) siang.

Sedang, terkait waktu pengecoran akan dilaksanakan pada sore hari. Tepatnya pada tanggal 28 sore. Hanya, pompa cor besar kemungkinan akan disiapkan sejak pagi.

“Sedang proses pengecoran berlangsung 30 jam,” jelas Tedy.

Untuk penempatan, dua pompa akan dijalankan di sisi kanan dan kiri jembatan, satu pompa dari sisi Demak akan bergerak ke arah Kudus. Sementara pompa dari arah Kudus akan bergerak menuju arah Demak. Total 530 kubik adonan cor akan di tuang ke tubuh jembatan berpanjang 600 meter tersebut.

“Teknik fast track atau percepatan pengerasan beton akan digunakan untuk mengeraskan beton selama tujuh hari saja.” tandasnya.

Sebelumnya, Jembatan Kolonel Sunandar Tiga ditargetkan rampung H-14 lebaran. Pemakaian jembatan berpanjang 650 meter tersebut diupayakan secepatnya dilakukan lantaran seringnya ketersendatan yang terjadi setiap sore.

Sedang sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) 21 Desember 2017, pekerjaan pembangunan jembatan Kolonel Sunandar Tiga direncanakan berlangsung selama 540 hari hingga Juni 2019.

Jembatan Kolonel Sunandar Tiga sendiri dibangun untuk menggantikan jembatan lama tanpa rangka Sunandar Dua penghubung arus lalulintas dari arah Semarang ke Kudus. Sedang dari Kudus ke Semarang terdapat satu jembatan rangka di sisi timur.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.