Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peringatan di Kampung Halaman Kartini Berlangsung Sederhana

MURIANEWS.com, Jepara – Resepsi peringatan Hari Kartini ke-140 tahun 2019 dilaksanakan Pemkab Jepara, Senin (22/4/2019). Kegiatan ini dilakukan di Pendapa Kabupaten Jepara secara sederhana.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dalam kesempatan itu meminta agar masyarakat Jepara tetap terus mengenang Kartini. Semangatnya diharapkan terus bisa menjadi spirit bagi kehidupan masyarakat sampai nanti.

Raga Raden Ajeng Kartini menurutnya boleh saja mati dan terkubur seratus tahun lebih. Namun semangat dan intisari perjuangannya tetap harus hidup dan mengalir di hati masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Jepara.

“Meski hanya diberikan hidup 25 tahun, akan tetapi Raden Ajeng Kartini memiliki keisitimewaan, yang diberikan Allah SWT,” kata Ahmad Marzuqi.

Keistimewaan yang dimaksudkan adalah kecerdasan yang luar biasa, perhatian lebih kepada kaumnya, serta buah karya dan pikirannya sangat cemerlang yang dapat dinikmati kaum perempuan hingga sekarang.

Kartini lahir pada 21 April 1879, di Kecamatan Mayong, Jepara. Menginjak dewasa, ayahnya R.M Sosoroningrat, yang menjabat sebagai bupati Jepara kala itu, membawa Kartini, dan adik-adiknya, tinggal di pendapa Kabupaten Jepara.

Di pendapa inilah Kartini tumbuh. Dia mulai belajar, bermain hingga akhirnya mengakhiri masa remaja dan dinikahkan dengan bangsawan Rembang. Pemikirannya tidak hanya berimbas pada perubahan nasib perempuan di masanya, namun juga pada saat sekaran ini.

“Pemikiran Kartini mampu mengubah pola pendidikan di Indonesia. Kebebasan kaum perempuan untuk mengenyam dunia pendidikan, sama halnya dengan kaum laki-laki, itulah yang luar biasa,” tambah Ahmad Marzuqi.

Ketua Panitia Hari Kartini Jepara, Inah Nuroniah mengatakan, sesuai dengan tema “Dengan Semangat Kartini Kita Muwujudkan Keluarga berkualitas, Berkarakter, Maju dan Berdaya Saing” ini, mengajak kaum perempuan untuk lebih tangguh.

Seperti halnya Kartini yang gigih memperjuangan hak perempuan di lingkungan keluarga dan masyarakat, warga Jepara diharapkan bisa meneladaninya.

“Kartini menjadi inspirasi perempuan masa sekarang, untuk lebih memperhatikan keluarganya. Banyak tantangan untuk mengasuh anak. Agar mereka menjadi generasi penurus dan pemimpin yang bai di masa mendatang,” tegasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...