MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mengintip Cara Kerja Input Suara ke Situng

0 175

MURIANEWS.com, Pati – Sampai hari ini masyarakat Kabupaten Pati masih menunggu hasil real count penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati. Meskipun progresnya masyarakat bisa melihat melalui situs situng, tetapi apa yang ada di tampilan, terkadang tidak sesuai dengan apa yang sudah diinput KPU kabupaten.

Untuk lebih jelas bagaimana cara formulir C1 ke situng, MURIANEWS.com berkesempatan wawancara langsung dengan komisioner KPU Pati, Supriyanto. Ia menjelaskan bagaimana mekanisme input suara, scan formulir C1 hingga verifikasi masuk ke situng.

Supriyanto mengatakan, formulir C1 yang merupakan hasil penghitungan surat suara dari tempat pemungutan suara (TPS) di masing-masing desa, terlebih dahulu diserahkan ke KPU. Setelah surat suara itu masuk KPU maka tim akan menginput C1 tersebut ke dalam aplikasi situng.

“Masing-masing petugas akan menulis ulang hasil perolehan suara sesuai dengan yang ada di formulir C1 ke dalam form aplikasi penghitungan suara,” kata Supri, Senin (22/4/2019).

Lebih lanjut, hasil suara yang sudah diinput, kemudian akan diserahkan ke petugas verifikator. Nah, di petugas verifikator kabupaten ini, mereka akan mengentri hasil suara, untuk di publikasikan ke situs Situng.

“Proses yang susah adalah pada saat data sudah berada di tangan verifikator. Karena proses verifikasi ini dilakukan oleh KPU seluruh Indonesia, sehingga ketika petugas verifikator melakukan entri ke situs situng, terkadang terdapat kendala, salah satunya adalah server pusat yang eror,” ujarnya.

Proses inilah yang kemudian terjadi ketidaksesuaian data antara input internal KPU dengan input ke Situng. Belum lagi proses loading yang lama, sehingga proses verifikasi dilakukan secara berulang-ulang.

“Sering kali kendala yang kita hadapi adalah loading untuk masuk ke server situng yang lama. Sehingga data yang ada di kami dan yang ada di situg, terjadi ketidak sesuaian,” tegasnya.

Supri lanjutkan, seperti proses input yang terjadi saat ini, data internal untuk Pilpres sudah 60 % yang masuk. Tetapi apabila melihat situs Situng, data yang masuk baru sekitar 17 %. Ini tidak hanya terjadi rekapitulasi suara pilpres saja, tapi juga terjadi pada rekapitulasi pileg.

“Harapan kami semoga tahapan rekapitulasi suara ini cepat terselesaikan. Sehingga masyarakat bisa melihat hasil pemilu tahun ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.