Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Kudus Rekomendasi Hitung Ulang Suara di Dua TPS di Bae

0 277

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus merekomendasi dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Bae untuk dilakukan perhitungan ulang. Hal ini dilakukan karena ada kesalahan dalam model perhitungan perolehan suara.

“Memang di Kecamatan Bae ada dua TPS yang direkom untuk penghitungan ulang. Dua TPS itu adalah TPS 4 Peganjaran dan TPS 16 di Desa Karangbener,” kata Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan saat ditemui di Kantor Bawaslu Kudus, Senin (22/4/2019).

Ia mengatakan, dua TPS tersebut melakukan kesalahan perhitungan. Jumlah C1 plano dan salinan C1 berbeda.

“Terus kemudian ada antara surat suara sah dan tidak sah jumlahnya tidak sesuai. Sehingga hal itu kemudian kami rekomendasikan untuk dilakukan perhitungan suara ulang,” lanjutnya.

Selain itu, Minan menyebutkan pihaknya menemukan beberapa temuan selama rekapitulasi suara di tingkat PPK. Menurutnya, banyak ketidaktelitian yang dilakukan PPK. Seperti menulis C1 masih banyak yang tidak sesuai.

“C1 plano ini kan dasar penentuan suara. C1 milik KPU dan salinan C1 teman teman pengawas banyak yang tidak seusai,” jelasnya.

Kemudian ini, temuan lainnya banyak petugas PPK yang tidak sesuai dengan regulasi. Contohnya, rekap suara berdasarkan PKPU nomor 4 tahun 2019 pasal 17 itu disebutkan, seharusnya perhitungan suara itu dimulai dari TPS 1 kemudian sampai seterusnya. Namun masih banyak ditemui tidak seperti itu.

“Lalu disebutkan pasal 3 perhitungan itu harus dimulai dari Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Namun masih ditemui PPK tidak sesuai dengan aturan itu,” ungkapnya.

Dengan demikian, diharapkan petugas PPK untuk tidak berburu-buru melakukan rekapitulasi suara. Minan berharap lebih teliti dalam hal rekap.

“Karena kami kasian, kasian peserta pemilu apabila terjadi kesalahan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.