Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diduga Bagi-bagi Uang, Caleg Dapil 4 Kudus Diperiksa Bawaslu Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus melakukan pemeriksaan terhadap calon legislatif (Caleg) DPRD Kudus yang diduga melakukan money politics. Caleg dapil 4 Kudus berinisial AW itu diperiksa Bawaslu Kudus selama 1,5 jam.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap caleg AW terkait politik uang. Pemeriksaan dilakukan pada hari Sabtu (20/4/2019) kemarin.

“Kami melakukan klarifikasi terhadap AW ini kurang lebih 1,5 jam,” jelasnya saat ditemui di Kantor Bawaslu Kudus, Senin (22/4/2019).

Ia mengatakan, dari hasil pemeriksaan belum ada indikasi menjurus terkait politik. Ia pun masih menggali keterangan terkait hubungan antara AW dengan AH, AS dan saksi lainnya.

“Pernyataan kemarin AH dan AS kemarin mengaku saudara dari AW. Namun setelah ditanyakan AW ini mengaku tidak ada hubungan persaudaraan. Hanya sebatas tetangga saja,” ujarnya.

Untuk itu, Minan mengaku akan melakukan pemeriksaan terhadap para saksi-saksi. Hari ini, Senin (22/4/2019) pihaknya masih meminta keterangan dari beberapa saksi. Mereka adalah penerima uang tersebut.

“Hari ini kami masih akan melakukan pemeriksaan terhadap tiga saksi. Ketiganya adalah warga penerima uang,” katanya.

Sebelumnya, Bawaslu Kudus berhasil mengamankan dua orang yang diduga terlibat politi uang. Dua warga Kecamatan Mejobo yang berinisil AS dan AH diduga membagi-bagikan uang kepada pemilih. Diduga, AS dan Ah membagikan uang salah satu caleg Kudus dapil 4.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...