Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puli Gendar Sepanjang 15 Meter Meriahkan Nisfu Sya’ban di Kendeng Sidialit

0 109

MURIANEWS.com, Jepara – Masyarakat Desa Kendeng Sidialit, Welahan, Jepara, Minggu (21/04/2019) malam menggelar tradisi peringatan Nisfu Sya’ban. Ribuan orang tumpah ruah perhatian dalam kegiatan ini.

Puli gendar, makanan yang dibuat dari beras yang kemudian diberi parutan kelapa, menjadi daya tarik utama. Warga desa membuat hidangan ini dalam ukuran banyak untuk dinikmati secara bersama-sama.

Makanan ini ditaruh di atas semacam tandu yang dibawa oleh sekitar puluhan orang. Panjangnya mencapai 15 meter, dan merupakan hasil masakan para ibu-ibu desa. Bersama dengan berbagai bentuk replika perahu, mobil, hewan ternak dan puluhan obor, makan ini diarak keliling desa.

Ratusan warga ikut ambil bagian dalam pawai arak-arakan ini. Mereka membawa obor dan sebagian lainnya menggotong puli gendar yang ukurannya besar. Lainnya menggusung boneka besar dan replika berbagai bentuk.

Sedangkan warga lainnya menyaksikan prosesi ini di pinggir-pinggir jalan desa. Mereka kemudian mengikuti arak-arakan yang bergerak menuju ke Balai Desa Kendeng Sidialit. Di balai desa ini, kemudian digelar doa bersama.

“Tradisinya memang seperti itu. Kami hanya berusaha untuk terus melestarikannya sehingga tradisi ini tidak hilang,” ujar Kahono Wibowo, Kepala Desa Kendengsidialit.

Baca: Mengenal Tradisi Puli Gendar Peninggalan Ratu Kalinyamat di Kendengsidialit

Tradisi ini menurut Kahono Wibowo juga merupakan manifestasi rasa syukur warganya atas hasil panen dan rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Selain itu juga menjadi sarana membangun kebersamaan warga desa.

Tradisi ini, meskipun dilandasi oleh keyakinan para kaum muslimin, namun dalam pelaksanaaannya tetap melibatkan seluruh warga. Masyarakat dari semua lapisan mengambil peran masing-masing.

“Jadi tradisi ini menjadi milik semua bagian masyarakat. Tidak hanya yang muslim saja. Semua bergembira, semua bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Tuhan,” terangnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.