Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

MZ Terduga Begal di Oasis Kudus Ikuti UNBK di Rutan

0 98

MURIANEWS.com, Kudus – Satu bocah terduga begal atas nama MZ (16), pagi ini (22/4/2019) mulai jalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP. Pelaksanaan ujian dilaksanakan di Rutan IIB Kudus hingga 4 hari ke depan.

Kepala Rutan IIB Kudus Budi Prajitno menjelaskan, pelaksanaan UNBK MZ di rutan sebelumnya telah mendapat persetujuan pihak Kejaksaan Negeri Kudus. Ini lantaran status MZ di Rutan II Bisa Kudus adalah sebagai tahanan titipan.

“Sudah ada surat pemberitahuan terkait hal tersebut,” jelasnya.

Terkait persiapan, pihak rutan telah memberikan MZ waktu untuk belajar guna mempersiapkan ujian yang akan dijalani. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan orang tua MZ untuk mengirimkan seragam dan kelengkapan ujian lain.

“Sudah dipersiapkan semua, hari ini dia (MZ) mulai laksanakan ujian,” lanjut Budi.

Sedang terkait teknis pelaksanaan ujian, Suhadi Kasi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kudus menjelaskan, MZ akan mengerjakan soal secara Paper Base Test (PBT). Soal UNBK dicetak dan MZ akan mengerjakan di Lembar Jawab Komputer (LJK).

“Sistemnya sama dengan ujian nasional yang dulu,” jelasnya.

Dalam mengerjakan, MZ akan ditemani satu orang guru dan satu orang pengawas ujian. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan pelaksanaan ujian nasional.

“Kami atur sedemikian rupa supaya tidak tertekan,” tandasnya.

Sebelumnya, satu dari tujuh terduga pelaku begal atas nama MZ (16)  yang beraksi di Jalan Lingkar Utara, tepatnya depan Oasis Kudus, dipastikan ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP.

Pendidikan kejar paket ditawarkan pihak Jaringan Perlindungan Perempuan dan Anak (JPPA) Kudus pada para terduga pelaku begal di Jalan Lingkar Utara beberapa waktu lalu. Hal tersebut mereka lakukan supaya para terduga begal masih bisa mengenyam pendidikan.

Kepolisian Resor Kudus juga telah melimpahkan berkas Kasus kejahatan begal di Jalan Lingkat Utara yang terjadi beberapa waktu lalu pada Kejaksaan Negeri Kudus. Pelimpahan kasus dilakukan pada Kamis, (18/4/2019) lalu.

Ke tujuh tersangka juga telah diserahkan ke Rutan IIB Kudus sebagai tahanan titipan, sembari menunggu putusan pengadilan. Dengan tetap didampingi pihak Bapas Pati, Penasihat Hukum, dan para orangtua tersangka.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.