Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Real Count KPU, Suara Sementara Prabowo-Sandi di Pati Hanya 13,91 %

MURIANEWS.com, Pati – Lima hari pascapemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati masih terus melakukan entri data perolehan suara hasil Pilpres 2019.

Dari data yang dipublikasikan melalui situs aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), perolehan suara capres-cawapres nomor 02 Prabowo-Sandi di Kabupaten Pati hanya 13,91 %.

Jumlah tersebut sangat jauh dari jumlah suara paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf yang meraih 86,09 %.

Hanya saja, progres perolehan suara tersebut masih 16,11 % atau baru 704 Tempat Pemungugan Suara (TPS) yang sudah dientri dari total 4.369 TPS di Kabupaten Pati. Dalam artian jumlah suara tersebut masih dimungkinkan ada perubahan.

Dari hasil penelusuran MURIANEWS.com jumlah suara paslon nomor urut 01 paling banyak berasal dari Kecamatan Juwana, 19.665 suara sah. Sementara suara paslon nomor urut 02 di kecamatan ini hanya 3.411 suara sah.

Perolehan suara paslon 02 ini sementara juga menjadi yang paling banyak yang didapat Prabowo-Sandi dari Kabupaten Pati.

Sementara paslon Jokowi-Ma’ruf paling sedikit mendapat suara dari Kecamatan Cluwak, yakni sebanyak 329 suara, dan Prabowo-Sandi paling sedikit meraih suara di Kecamatan Sukolilo, yang hanya meraih 61 suara.

Meski demikian dari penelusuran MURIANEWS.com pasangan Jokowi-Ma’ruf relatif unggul di semua kecamatan di Kabupaten Pati. Hanya semua data yang disajikan tersebut masih ada kemungkinan perubahan. lantaran sampai saat ini KPU masih melakukan rekapitulasi.

Komisioner KPU Pati Supriyanto juga mengatakan, data yang masuk di situs Situng adalah data apa adanya. Sehingga sangat dimungkinkan nanti ada beberapa TPS yang mungkin tidak sama persis hasilnya.

“Yang kita input hari ini adalah sesuai dengan salinan C1. Kalaupun nanti ada yang salah, kami tetap menginput salinan tersebut. Kemudian dokumen itu juga akan kami scan. Nanti perbaikannya ada di proses manual,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...