MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Separuh SMP di Demak Masih Nunut UNBK di Sekolah Lain

0 30

MURIANEWS.com, Demak – Sebanyak 8.361 siswa di SMP dan  9.274 siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Kabupaten Demak, Senin (22/4/2019) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ribuan siswa ini akan menjalani ujian akhir ini selama empat hari ke depan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, memastikan UNBK ini diikuti 100 persen SMP yang ada di kabupaten ini. Namun tidak semua sekolah ternyata mampu menyediakan sarana dan prasarana untuk menggelar UNBK.

Dari 84 SMP di Demak yang menadakan UNBK tahun ini, baru separuh di antaranya yang bisa menggelar secara mandiri. Sementara 42 sekolah lainnya, terpaksa menumpang atau nunut di sekolah lain.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak H Anjar Gunadi membenarkan hal ini. Menurut dia, meski ada separuh sekolah yang nunut UNBK di sekolah lain, namun pelaksanaan UNBK hari pertama ini berjalan lancar.

“Sebanyak 84 sekolah di Demak 100 persen menyelenggaran UNK. Meski yang  42 sekolah masih melaksanakannya dengan sistem numpang atau pinjam,” katanya di sela-sela monitoring UNBK.

Peninjauan ini dilakukan bersama Wakil Bupati Demak H Joko Sutanto di beberapa sekolah, salah satunya SMPN 2 Demak. Di sekolah ini, jumlah siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 336 siswa.

Dengan jumlah peserta sebanyak ini, maka pelaksanaan UNBK dibagi menjadi tiga sesi. Yakni  7.30 – 9.30 WIB, kedua mulai 10.30 – 12.30 WIB serta sesi ketiga mulai pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Sekolah ini menyiapkan tiga lab komputer dengan masing-masing 36 komputer dan dua komputer cadangan untuk pelaksanaan UNBK. Selain itu, untuk menghidnari pemadaman listrik, pihak sekolah juga menyediakan genset.

Wabup Joko Sutanto megapresiasi SMPN 2 Demak yang telah mempersiapkan segala sarana dan prasarana UNBK. Terlebih sekolah ini juga membekali siswa dengan achievment motivation training (AMT) sehingga secara lahir batin siap menghadapi UNBK.

”Ini bisa diterapkan di sekolah lain, baik negeri maupun swasta. Sehingga bisa memacu peningkatan kualitas pendidikan di Demak,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.