Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

14.404 Siswa SMP/MTS di Kudus Ikuti UNBK Hari Ini

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 14.404 siswa maupun siswi Sekolah Menengah Pertama dari 49 SMP dan 65 MTS di Kabupaten Kudus hari ini (22/4/2019) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan mata uji, Bahasa Indonesia.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus Joko Susilo kembali memastikan semua hal teknis maupun non teknis telah dipersiapkan dengan matang. Pihaknya yakin, UNBK tahun ini tidak ada kendala yang berarti.

“Semua sudah disiapkan dengan matang,” jelasnya.

Ia pun memastikan, 98 persen SMP di Kabupaten Kudus siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) secara mandiri. Hanya 1 sekolah swasta saja di Kecamatan Undaan yang akan bergabung dengan sekolah terdekat.

“Sudah dipersiapkan. Semua siap dan tak ada kendala,” jelasnya.

Harapan baik pun diucapkan pihaknya, mengingat usaha yang dilakukan semua komponen terkait tidak main-main. Koordinasi dengan pihak-pihak penyedia jasa seperti PLN dan Telkom juga dilakukan oleh Joko.

“PLN berkomitmen menjaga listrik agar tidak padam selama UN berlangsung, sedangkan Telkom memastikan tidak akan ada gangguan selama UN,” jelasnya.

Sedang untuk jadwal UNBK jenjang pendidikan SMP/MTs, Joko menjelaskan, ujian dimulai pada Senin (22/4/2019) dengan materi ujian Bahasa Indonesia, untuk Selasa (23/4/2019) materi Matematika, Rabu (24/4/2019) materi Bahasa Inggris, dan hari terakhir Kamis (25/4/2019) materinya Ilmu Pengetahuan alam.

“Untuk total jumlah siswa yang ikut UNBK, tahun ini sebanyak 27.867 siswa dari jenjang SMP/MTs, SMA, MA, maupun SMK,” jelasnya.

Selain SMP/MTS yang mulai selenggarakan UNBK hari ini, SD/MI di Kabupaten Kudus juga selenggarakan USBN hari ini (22/4/2019) hingga Rabu (24/4/2019). Dengan total 13.827 siswa di seluruh SD/MI di Kudus. Dengan rincian 421 SD dan 138 MI.

“Semua telah dikoordinasikan dan dipersiapkan dengan matang,” tandas Joko.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...