Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Prediksi Raih 18 Kursi, PDI Perjuangan Bakal Jadi Pemenang Pileg di Grobogan

0 6.823

MURIANEWS.com, Grobogan – Meski proses rekapitulasi perhitungan hasil Pemilu 2019 di Grobogan masih berlangsung, namun sedikitnya sudah ada gambaran terkait peraih suara terbanyak untuk Pileg DPRD kabupaten. Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai pihak, PDI Perjuangan (PDIP) hampir bisa dipastikan jadi penguasa DPRD Grobogan.

Dari perhitungan sementara, PDIP diperkirakan bisa meraih 18 kursi. Angka ini mengalami kenaikan dari Pemilu 2014 yang hanya meraih 12 kursi.

“Dari perhitungan sementara yang sudah kita lakukan, PDIP estimasinya memang bisa dapat 18 kursi. Kita harapkan, nanti malah bisa tambah. Namun perlu dicatat, ini masih estimasi sementara, ya,” kata Sekretaris DPC PDIP Grobogan Agus Siswanto, Sabtu (20/4/2019).

Menurutnya, untuk dapil 1, 2, 3, dan 5, masing-masing diperkirakan bisa dapat empat kursi. Sedangkan di dapilnya, yakni dapil 4, estimasi sementara baru dapat dua kursi.

Mengenai nama caleg yang berpeluang jadi anggota dewan, Agus belum bisa menyebutkan. Soalnya, rekapitulasi sementara masih difokuskan pada perolehan suara partai, belum by name.

“Terkait berita ada nama-nama caleg PDIP yang bakal jadi, itu bukan dari kami. Sejauh ini, kami masih konsen rekapitulasi perolehan suara partai guna membuat estimasi kursi yang diraih,” katanya.

Setelah PDIP, perolehan suara terbanyak berikutnya kemungkinan masih seperti hasil Pemilu 2014 lalu. Yakni, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua DPC PKB Grobogan HM Nurwibowo menegaskan, berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan, partinya kemungkinan masih mendapatkan tujuh kursi atau sama dengan hasil Pemilu sebelumnya.

“Estimasi kita masih dapat tujuh kursi. Untuk nama-nama calegnya, belum bisa kita sampaikan,” katanya.

Dari Partai Hanura, juga sudah mengklaim berhasil mendapatkan kursi berdasarkan rekapitulasi yang sudah dilakukan hingga hari ini. Untuk sementara, minimal sudah ada dua kursi yang dipastkan aman.

“Dua kursi sudah hampir pasti kita dapat. Kemudian, masih ada peluang dapat tiga kursi lagi dari perhitungan sisa suara. Mudah-mudahan, kita bisa dapat lima kursi nanti,” kata Ketua DPC Partai Hanura Grobogan Setiawan Djoko Purwanto.

Jumlah kursi di DPRD Grobogan ada 50 kursi. Selain PDIP, PKB, dan Hanura masih ada sejumlah partai lainnya yang diperkirakan juga mendapatkan kursi di parleman. Antara lain, Gerindra, Partai Golkar, PPP, PAN, dan PKS.

“Untuk Gerindra, insyaallah dapat kursi. Hanya jumlahnya berapa belum berani menyampaikan,” cetus Ketua DPC Gerindra Grobogan Sugeng Prasetyo.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.