Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kabar Gembira! River Tourism Kali Gelis Kudus Dimulai Mei 2019

0 384

MURIANEWS.com, Kudus – Rencana Pembangungan River Tourism Kali Gelis mulai masuki tahap baru. Studi banding untuk mempelajari bagaimana cara membangun tanpa menggusur yang akan diterapkan pun telah dilakukan.

Bupati Kudus, HM Tamzil menjelaskan hasil studi banding diharapkan mampu diterapkan dan dimplementasikan pada pengerjaan nantinya.

“Sudah, kemarin kami lakukan studi banding,” jelas Tamzil.

Dua tempat dipilih Tamzil sebagai bahan rujukan. Yakni Jogja dengan Semarang. Di Jogja, pihaknya akan mencontoh Kali Code sebagai konsep penataan.

“Kami pelajari untuk pembangunan di Gelis nanti,” jelasnya.

Progres River Tourism Kali Gelis juga telah masuki tahap lelang yang diadakan BBWS Provinsi. Jika tak ada kendala, pembangunan awal akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Empat titik lokasi akan digarap terlebih dahulu. Di antaranya di seputar Jalan Sunan Kudus, Kedung Paso, dan Dua sisi di Jembatan Ploso.

“Tahap awal adalah pembangunan di kanan kiri sungai untuk penopang,” rincinya.

Sesuai rencana, dana awal Rp 10 miliar dari Balai Besar Wilayah Sungai Provinsi bakal digelontorkan untuk tahap awal pembangunan. Anggaran, selanjutnya akan ditambahkan pada APBD Perubahan

“Kami coba usahakan dari sana,” kata Tamzil.

Masyarakat sekitar bantaran juga telah disosialisasi terkait hal ini. Masyarakat juga telah diminta membuat komunitas untuk merencanakan hal kedepannya secara bersama-sama.

“Sementara masih di bahas bersama,” ujar Tamzil.

Pembangunan River Tourism kali gelis akan berkiblat pada Cikapundung dengan gaya penataan mirip Kali Code. Penerapan tersebut dirasa cocok untuk kali Gelis nantinya. 3M, atau Madep (Menghadap) ke Kali, mundur menjauhi Kali, dan Munggah (Naik) akan jadi pedoman.

Sementara, terkait penganggaran Rp 10 miliar  untuk Kali Gelis, Dikatakan Kepala Bidang Jaringan Sumber Daya Air, Dwi Cahyo Handono sebagai bentuk lanjutan surat Bupati Kudus terkait normalisasi Kali Gelis. Pihaknya menganggap normalisasi Gelis perlu diperlukan secepatnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.