Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Aneka Produk Kerajinan UKM di Blora Semarakkan Dekranasda Expo 2019

0 135

MURIANEWS.com, Blora – Berbagai produk kerajinan yang dihasilkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa disaksikan dalam even Dekranasda Blora Expo (DBE) 2019 yang dilangsungkan di alun-alun. Even yang dibuka Bupati Blora Djoko Nugroho, Kamis (18/4/2019) kemarin itu rencananya akan digelar hingga 21 April 2019.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Blora Umi Kulsum menyatakan, acara ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-39 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Hari Kartini ke-140. Menurutnya, Pameran diikuti oleh 73 stan yang terdiri dari kerajinan UKM, OPD, dan aneka produk kuliner. Selama pameran juga diselenggarakan beragam lomba.

Ada banyak produk kerajinan yang dipamerkan dalam Dekranasda Expo kali ini. Seperti kerajinan batik, gembol jati, tas rajut, lukisan pelepah pisang, dan aneka hiasan lainnya. Dalam even ini, pihaknya juga mendatangkan beberapa produk kerajinan dari luar daerah.

“Adanya produk luar daerah dimaksudkan agar timbul interaksi dengan perajin lokal. Dengan begitu mereka bisa saling sharing untuk memajukan produk kerajinannya,” kata Umi Kulsum.

Berbagai produk kerajinan yang dihasilkan pelaku UKM bisa disaksikan dalam even Dekranasda Blora Expo 2019 yang dilangsungkan di alun-alun hingga Minggu lusa. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Ia menambahkan, salah satu produk UKM di Blora yang perkembangannya dinilai sangat bagus adalah kerajinan batik. Meskipun usia batik Blora belum lama, namun hasilnya mampu bersaing dengan produk batik dari daerah lain yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Pihaknya, akan terus memberikan dukungan agar batik di Blora bisa semakin berkembang.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho menyatakan, dirinya merasa senang karena hasil kerajinan pelaku UKM yang ada Kabupaten Blora kini semakin maju dan beragam. Bahkan geliat kerajinan yang digeluti para pelaku UKM ini telah berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah.

“Selamat ulang tahun Dekranas yang ke-39. Semoga melalui dewan kerajinan ini, seluruh potensi kerajinan di Kabupaten Blora bisa berkembang dan terus berinovasi agar bisa bersaing dengan hasil kerajinan luar daerah,” katanya.

Djoko mengapresiasi digelarnya DBE 2019 tersebut. Menurutnya, even ini dinilai merupakan salah satu langkah jitu untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan adanya pameran seperti ini maka produk kerajinan yang dihasilkan para pelaku UKM akan semakin dikenal luas dan banyak menarik konsumen. Akibatnya permintaan produk kerajinan akan meningkat, dan bisa menyerap tenaga kerja,” cetusnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.