MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hasil Situng KPU Kudus: Jokowi-Ma’ruf Unggul Sementara

0 1.244

MURIANEWS.com, Kudus – Perolehan suara calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf sementara unggul di Kabupaten Kudus. Hasil ini berdasarkan perhitungan aplikasi sistem perhitungan surat suara (Situng) yang dilakukan KPU Kudus.

Tercatat hingga Jumat (19/4/2019) siang ini, untuk perolehan suara pilpres di Kudus Jokowi-Ma’ruf sementara unggul dari Prabowo-Sandi.  Capres nomor urut 01 itu memperoleh suara 5.826 suara atau 78, 31 persen. Sedangkan capres nomor urut 02 memperoleh 1.614 suara atau 21.69 persen.

Jumlah itu dihasilkan dari data TPS yang masuk sebanyak 42 TPS dari keseluruhan TPS sebanyak 3.049. Apabila dipersenkan, data yang baru masuk sejumlah 1.38 persen.

Komisioner KPU Kudus Dhany Kurniawan mengatakan, sampai saat ini KPU Kudus terus melakukan input data perolehan suara. Ditargetkan selama lima hari input data itu akan selesai.

“Saat ini baru 18 persen yang sudah dimasukkan dalam input Situng,” ujarnya.

Ia mengatakan, secara teknis untuk mengentri data, yakni KPU Kudus menerima salinan C dan C1 Dari TPS yang sudah dikirim. Kemudian salinan tersebut dilakukan entri dan dipindai. Baru kemudian dimasukan kedalam aplikasi situng.

“Proses data, kami cek dulu. Administrasinya lengkap apa tidak. Setelah dicek kelengkapan salinan itu kemudian naik ke atas untuk dilakukan entri dimasukan ke dalam aplikasi situng,” ujarnya.

Dhany menegaskan, melalui aplikasi ini sebagai langkah awal bentuk tranparansi dari KPU. Serta menjawab masyarakat yang membutuhkan hasil hitung cepat.

“Hanya ini bukan sebagai penetapan. Penetapan yang terpilih dari penetapan rekap berjenjang yang dilakukan oleh KPU Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.