MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Prediksi Angka Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 di Grobogan Lampaui Target

0 176

MURIANEWS.com, Grobogan – Selain berlangsung aman, ada satu catatan positif dari pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilangsungkan Rabu (17/4/2019) kemarin. Yakni, terkait tingkat partisipasi pemilih yang dinilai cukup menggembirakan. Bahkan, diprediksi angka partisipasi pemilih ini bisa melewati target nasional sebesar 77,5 persen.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo saat dimintai komentarnya menyatakan, pihaknya belum bisa memberikan banyak keterangan terkait angka partisipasi pemilih pada Pemilu kemarin. Soalnya, proses entridata baru dilakukan mulai hari ini.

Meski demikian, prediksi angka partisipasi pemilih bisa melewati target bisa jadi akan tercapai. Hal ini setidaknya berdasarkan hasil pantauan yang dilakukannya dan komisioner KPU saat pelaksanaan Pemilu kemarin. Di mana, tingkat partisipasi pemilih di sejumlah TPS berkisar 75-90 persen.

“Dari hasil pantauan kemarin memang tingkat partisipasi pemilih sangat bagus. Namun, itu belum bisa dijadikan barometer karena jumlah TPS yang kita pantau hanya sebagian kecil. Semoga saja, di semua TPS lainnya, tingkat partisipasi pemilihnya juga seperti itu. Nanti kita lihat lebih pasti kalau entry datanya sudah rampung,” jelasnya, Kamis (18/4/2019).

Agung menambahkan, selain sukses penyelenggaraan, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu memang juga menjadi salah satu prioritas utama. Sebab, pada beberapa edisi Pemilu sebelumnya, termasuk Pilbup dan Pilgub, tingkat partisipasi pemilih mengalami penurunan.

“Pada Pemilu kali ini, kita berupaya keras agar tingkat partisipasi pemilih bisa naik dari sebelumnya. Beragam upaya kita lakukan dan melibatkan stakeholder serta berbagai komponen masyarakat. Kemudian, kita juga punya relawan demokrasi yang salah satu tugasnya adalah mengajak warga yang punya hak pilih untuk nyoblos,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.