Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Kudus Mulai Entri Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 di Aplikasi Situng

0 4.928

MURIANEWS.com, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus mulai melakukan input data perolehan suara pemilu 2019 ke aplikasi sistem informasi perhitungan surat suara (situng). Entri data perolehan suara dimulai hari ini Kamis (18/5/2019) hingga lima hari ke depan.

“Hari ini mulai input data perolehan suara ke dalam aplikasi situng,” jelas Komisioner KPU Kudus Dhany Kurniawan saat ditemui di Kantor KPU Kudus, Kamis (18/4/2019) sore.

Ia mengatakan, entri data yang dilakukan berasal dari salinan C dan C1 dari TPS yang sudah dikirim. Kemudian salinan tersebut dientri dan dipindai. Baru kemudian dimasukan ke dalam aplikasi situng.

“Proses data, kami cek dulu. Administrasinya lengkap apa tidak. Setelah dicek kelengkapan salinan itu kemudian naik ke atas untuk dilakukan entri dimasukan ke dalam aplikasi situng,” ujarnya.

Dhany menyebutkan, untuk waktu entri ini ditargetkan selesai selama lima hari. Setiap harinya ditargetkan mampu mengentri 700 TPS, atau sekitar 25 persen dari jumlah seluruh TPS yang ada di Kabupaten Kudus.

“Hingga sore ini baru 4 persen yang dimasukan dalam aplikasi situng. Ini sudah bisa dilihat dalam web pemilu2019.kpu.go.id,” ujarnya.

Ia berharap, aplikasi ini akan menjawab rasa penasaran perolehan hasil pemilu di Kudus. Terlebih lagi, aplikasi situng juga menjadi bentuk transparansi data ke masyarakat.

“Tapi ini bukan sebagai penetapan. Penetapan yang terpilih dari penetapan rekap berjenjang yang dilakukan oleh KPU Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.