Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Empat Napi Lapas Pati Nekat Pesta Sabu di Ruang Isolasi

0 654

MURIANEWS.com, Pati – Empat orang narapidana (napi) Lapas Kelas II B Pati, diputus bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pati. Keempat napi tersebut terbukti menggunakan sabu di sel kamar nomor 5 blok B Lapas Pati.

Keempat napi tersebut adalah Sobir, Budianto, Setiawan Dwi Cahyo dan Irom Mustalia.

Majelis Hakim yang dipimpin oleh Agung Iriawan menyatakan, para terdakwa tersebut bersalah melakukan penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri. Karena kesalahannya tersebut, mereka dipidana penjara masing-masing selama dua tahun dan sepuluh bulan.

Vonis tersebut lebih ringan dua bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut para terdakwa selama tiga tahun penjara.

Niken Rochayati, Juru bicara PN Pati ketika dihubungi awak media menjelaskan, yang terbukti adalah dakwaan subsidernya, sedangkan dakwaan primer tidak terbukti.

“Untuk hal yang memberatkan karena para terdakwa sudah pernah dihukum. Kemudian perbuatan mereka bertentang dengan program pemberantasan narkotika,” katanya, Kamis (18/4/2019).

Selain itu, terdakwa melakukan hal tersebut justru di dalam lembaga pemasyarakatan bahkan di dalam kamar isolasi. Seharusnya mereka tidak lagi melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

“Untuk hal yang meringankan karena mereka dipandang sopan di persidangan. Kemudian di persidangan sebenarnya diketahui yang menggunakan ada delapan orang, namun yang dijadikan tersangka 4 orang,” ujarnya.

Lebih lanjut, para terdakwa mendapatkan sabu tersebut dari sesama penghuni LP, yakni saksi Agus Setiawan. Kemudian digunakan ramai-ramai bersama dengan empat orang napi yang lain dengan alat seadanya. Mereka mengonsumsi sabu tersebut pada Rabu (26/9/2018) lalu.

Pada saat menggunakan sabu, dilakukan sidak oleh petugas LP Pati dan ditemukan satu set alat hisap sabu (bong) yang terbuat dari botol. Ditemukan juga bungkus teh yang di dalamnya terdapat satu paket sabu yang terbungkus plastik warna bening.

“Atas putusan tersebut, para terdakwa maupun Jaksa Penuntut Umum menyatakan menerima,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.