Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Suara Pemilu di Jepara Mulai Diunggah ke Sistem Hitung Cepat KPU

0 3.582

MURIANEWS.com, Jepara- Proses pemindaian formulir C-1 (Rekap perolehan suara di TPS) pemungutan suara di Kabupaten Jepara, dimulai KPU Jepara. Proses ini melibatkan sejumlah pengawai, dimulai Kamis (18/04/2019).

Pemindaian tersebut dilakukan dengan mesin scanner, untuk kemudian langsung diunggah ke laman KPU RI. Sesuai dengan aturan, lembar C-1 harus discan oleh KPU menjadi file digital dan ditayangkan di laman KPU-RI.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 12 mesin pemindai atau scanner untuk kepentingan ini. Mesin-mesin ini ditempatkan di aula gedung KPU Jepara, dioperasikan oleh sejumlah petugas.

“Mulai Kamis (18/04/2019) ini, proses pemindaian terhadap C-1 yang sudah ada dilakukan. Langsung diunggah ke laman KPU-RI. Sehingga masyarakat bisa mengetahuinya,” ujar Subchan Zuhrie.

Sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Jepara, nantinya akan ada 16.425 lembar formulir C-1 yang akan discanner. Selama 5 hari ke depan, prosesnya diharapkan bisa diselesaikan untuk semua C-1.

Subchan Zuhrie menyatakan, optimistis pihaknya mampu menyelesaikan pemindaian formulir C1 tepat waktu. Berkaca pada Pemilu serentak 2014, KPU Jepara akan menyiapkan petugas entry data tambahan agar pemindaian dan pemasukkan data dapat dilakukan 24 jam sehari.

“Hasil pemindaian dan entri formulir C1 akan digunakan KPU RI untuk melakukan penghitungan cepat. Selain itu, unggahan dan entri formulir CI dapat digunakan masyarakat untuk mengawal dan mengawasi hasil perolehan suara di setiap TPS,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.