Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Pati Mulai Input Data Suara Hasil Pemilu

MURIANEWS.com, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai melakukan entry data hasil rekapitulasi suara di masing-masing kecamatan dalam Pemilu 2019. Hal itu untuk mengetahui hasil suara dari calon presiden caleg dan DPD sehingga bisa langsung dipublikasikan.

Komisioner KPU Pati Supriyanto mengatakan, apa yang dilakukaan saat ini, sama dengan pemilu 2014 lalu. Untuk melakukan publikasi scanning, sekarang ini dilengkapi dengan data entry sehingga hasil perolehan suara partai politik peserta pemilu dapat langsung dilihat.

“Maksud dari publikasi ini bukan dalam rangka untuk menjadikan dasar penghitungan suara, hanya sekadar publikasi dari jajaran penyelenggara,” katanya.

Menurutnya, hal itu sebagai upaya agar masyarakat juga ikut mengawal proses rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang dan secara manual di masing-masing TPS. Dari hasil itu, nantinya masyarakat bisa melihat hasil perolehan suara.

Dalam publikasi itu, nantinya juga ditampilkan hasil scanning model C1. Jadi, sangat dimungkinkan nanti ada beberapa TPS yang mungkin tidak sama persis hasilnya.

Dia juga mengatakan, setiap proses rekapitulasi itu nanti kalau ada ketidaksesuaian pada data, tetap akan dientry. Sementara perbaikannya adalah melalui rekapitulasi yang manual.

“Yang kita input hari ini adalah sesuai dengan salinan C1. Kalaupun nanti ada yang salah kami tetap menginput salinan tersebut. Kemudian dokumen itu juga akan kami scan meskipun terdapat kekeliruan nanti diperbaikannya ada di proses manual,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...