Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beredar Rekapitulasi Suara Pilpres dari Bawaslu Pati, Ternyata Ini Faktanya

0 9.061

MURIANEWS.com, Pati – Di sejumlah media sosial beredar rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2019 di Kabupaten Pati yang mengatasnamakan Bawaslu Pati. Daftar rekapitulasi suara yang beredar itu ternyata tidak benar.

Pasalnya hingga Kamis (18/4/2019) pagi, secara resmi Bawaslu belum mengeluarkan hasil rekapitulasi sementara.

Dalam foto yang beredar itu, Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 mendapatkan suara 86,3%. Sementara untuk pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 sebanyak 13,7%.

Komisioner Bawaslu Patih Suyatno mengatakan, Bawaslu secara resmi belum mengeluarkan hasil rekapitulasi suara pilpres di Pati. Sementara foto yang beredar di media sosial itu dipastikan bukan dari Bawaslu.

“Memang di kopnya ada tulisan Bawaslu, tetapi itu untuk mengecek secara internal perolehan suara di masing-masing kecamatan. Sekali lagi. itu adalah untuk internal bukan untuk publik,” terangnya.

Dia juga mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan perbaikan-perbaikan. Karena masih banyak formulir C1 yang belum terkumpul. Apalagi ada beberapa TPS yang melakukan penghitungan ulang, sehingga data tersebut masih belum valid.

“Data yang keluar itu kan sebenarnya untuk diinput di Bawaslu, kemudian dikembalikan ke masing-masing kecamatan untuk dilakukan pencocokan. Tetapi malah ada orang yang share ke medsos,” terangnya.

Dirinya juga menekankan bahwa sampai saat ini Bawaslu belum merilis data apapun terkait hasil pemilu 2019. Masyarakat diminta untuk tidak terpengaruh dengan data yang tersebar di medsos tersebut karena itu secara resmi bukan dari Bawaslu.

“Bahkan di foto tersebut tidak ada tanda tangan dari ketua Bawaslu. Jadi masyarakat harus tetap tenang dan menunggu hasil rekapitulasi secara resmi,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.