MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Unik! Ada Punokawan Jadi Petugas KPPS di Kudus

0 157

MURIANEWS.com, Kudus – Para penggawa punokawan di pewayangan Jawa, seperti Gareng dan Petruk hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 22, Dukuh Babalan, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kudus. Mereka hadir sebagai petugas KPPS yang bertugas melayani masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Usut punya usut, para punokawan tersebut adalah petugas TPS yang didandani bak pelayan Pandawa di cerita pewayangan jawa. Mereka ditugaskan untuk melayani sekaligus menarik minat para masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.
Pendandanan petugas TPS juga dalam rangka Lomba TPS unik tingkat Desa Kalirejo.

Sekretaris Desa Kalirejo Faiq Maulana membenarkan hal tersebut. Selain menambah partisipasi masyarakat untuk mencoblos, konsep TPS unik juga diharapkan membuat warga yang mencoblos merasa nyaman dan tak suntuk.

“Jadi ya menambah partisipasi, juga memambah kenyamanan TPS,” jelasnya pada MURIANEWS.com Rabu (17/4/2019) siang.

Selain konsep Punokawan, ada juga TPS yang menghias lokasi pemungutan dengan berbagai ornamen supaya terlihat lebih cantik. Ada juga yang berkonsep seperti mantenan dengan petugas TPS berpakaian khas Kudus.

Para Punokawan tampak menata surat suara yang akan digunakan untuk mencoblos. (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

“Semua tergantung kreatifitas masing-masing petugas TPS,” jelasnya.

Total, 26 TPS yang tersebar di 3 Dukuh, yakni Ngemplak Lor, Babalan, dan Getas mengikuti lomba TPS yang baru dilaksanakan tahun ini. Uang pembinaan juga telah dipersiapkan oleh panitia pelaksana.

“Juara kami ambil 3 TPS dengan total hadiah jutaan rupiah,” ucapnya.

Kedepannya, jika hal tersebut dirasa mampu menaikkan partisipasi masyarakat untuk mencoblos, maka lomba akan dilaksanakan kembali.

“Tahun ini yakin partisipasi masyarakat di atas angka 80 persen,” tandasnya.

Sementara Kasie Ekonomi Pembangunan Kecamatan Undaan Rifai Nawawi, mengapresiasi langkah Pemdes Kalirejo terkait hal ini. Pihaknya berharap, partisipasi masyarakat benar-benar bisa bertambah.
“Ini adalah kegiatan yang bagus,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.