MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemilih di Pati Kebingungan saat Melipat Surat Suara

0 93

MURIANEWS.com, Pati – Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati sudah melakukan sosialisasi terkait cara pencoblosan dan pelipatan surat suara, tetapi masih banyak warga yang kebingungan. Bahkan sebagian dari mereka ada yang asal melipat, sehingga surat suara sulit dimasukkan ke kotak suara.

Tak jarang pula penjaga kotak suara yang membantu melipat surat suara. Tentunya hal ini patut menjadi perhatian serius.

Tak hanya itu, warga juga masih bingung untuk menggunakan hak pilihnya. Apalagi dengan jumlah surat suara sebanyak 5 lembar.

“Untuk pelipatan surat suaranya, saya juga bingung karena kertasnya terlalu lebar,” ujar Maryati, salah seorang pemilih dari Kecamatan Gembong, Pati.

Dari pantauan di lapangan, para pemilih yang menggunakan hak pilihnya di bilik suara, setidaknya membutuhkan waktu 5 hingga 7 menit. Akan tetapi bagi orang yang sudah lansia, waktunya bisa mencapai 10 menit.

Bahkan ada juga yang hanya memilih pasangan calon presiden. Sementara untuk surat suara calon legislatif, tidak disentuh sama sekali. Sehingga mereka lebih cepat dalam menggunakan hak pilih.

“Calon yang saya tahu itu hanya calon presiden saja. Kalau calon DPR saya tidak tahu sama sekali. Kalaupun surat suara saya buka berkali-kali, tetap saya tidak tahu nama-nama caleg tersebut,” imbuh Maryati.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.