MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dikira Ada Hajatan, Tratak Melintang di Jalan Kutilang Purwodadi Ini Ternyata Dipakai Buat TPS

0 311

MURIANEWS.com, Grobogan – Keberadaan tratak yang didirikan di jalan Kutilang Kelurahan Purwodadi sempat membuat kaget sejumlah pengendara yang lewat, Selasa (16/4/2019). Pasalnya, pada pagi harinya, di tengah jalan perkampungan itu belum ada pendirian tratak.

Semula, warga mengira jika tratak itu didirikan karena ada warga yang punya hajatan. Ternyata, perkiraan warga ini tidak tepat. Lokasi tempat didirikannya tratak itu akan digunakan untuk tempat pemungutan suara (TPS). Tepatnya TPS 55, Kelurahan Purwodadi.

Dari pantauan di lokasi, tampak ada beberapa orang dan satu petugas linmas yang ada di situ. Beberapa tratak dipasang tepat di tengah jalan. Kemudian, sebagian lagi dipasang di halaman rumah yang lokasinya ada di pojokan jalan. Terlihat, logistik untuk Pemilu 2019 sudah ada di dalam rumah tersebut.

“Ini, bukan sedang ada orang punya hajatan. Tetapi, besok dipakai untuk lokasi TPS 55. Kebetulan, hanya disinilah tempat yang paling memungkinkan untuk dibuat TPS. Untuk tempat pencoblosannya nanti dilakukan di teras rumah situ,” kata Ketua KPPS di TPS 55 Bahtiar.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menegaskan, dalam Pemilu 2019 ini, ada 4.629 TPS yang tersebar di 19 kecamatan. Sebagian besar TPS ditempatkan di fasilitas umum, terutama sekolahan.

“Ada beberapa TPS yang didirikan di tempat terbuka. Meski demikian, hal itu sudah diantisipasi dari segi keamanannya. Khususnya, aman saat cuaca hujan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti menegaskan, pihaknya sebelumnya sudah mengingatkan pada KPU agar lokasi untuk TPS harus aman dari hujan. Kemudian, lokasi TPS yang ditempatkan di rumah warga juga harus dipastikan kenetralan dari pemilik rumah.

“Untuk TPS yang ditempatkan di rumah warga memang diperbolehkan. Tetapi harus dipastikan kalau pemilik rumah bukan pengurus partai, dan bukan pendukung salah satu paslon peserta Pileg maupun Pilpres,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.